Berikut Manfaat dan Fungsi dari Gmail yang Bercentang Biru

Berikut Manfaat dan Fungsi dari Gmail yang Bercentang Biru
Kompas Tekno
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 6 Mei 2023 09:54 WIB

Terasjabar.id - Berikut Manfaat dan Fungsi dari Gmail yang Bercentang Biru 

Tidak hanya di Twitter dan Instagram, kabar terkini, Gmail juga mulai menambahkan lencana centang biru. Untuk mendapatkan centang biru pada Gmail ini tidaklah serumit verifikasi centang biru pada Twitter atau Instagram. Jika Twitter dan Instagram butuh biaya langganan per bulan atau per tahun, sementara di Gmail seratus persen tanpa biaya alias gratis.

Verifikasi centang biru ini merupakan pengembangan dari teknologi Brand Indicators for Message Identification (BIMI) yang sudah ada sejak tahun 2021. Ikon centang biru ini secara otomatis akan muncul bagi akun Gmail milik organisasi, perusahaan atau kelompok lainnya yang sudah mengadopsi fitur BIMI.

Centang biru pada Gmail ini akan tampak di sebelah nama akun user. Ikonnya lingkaran biru bergerigi dengan centang berwarna putih di tengahnya. Jika pengguna mengarahkan kursor ke centang biru tersebut, maka akan tampil keterangan bahwa akun yang bersangkutan telah diverifikasi oleh Google.

Sementara untuk fungsi dan manfaat dari penambahan centang biru pada layanan surat elektronik Gmail ini, nyaris sama dengan akun media sosial Twitter dan Instagram, yaitu demi memvalidasi keaslian akun pengguna atau autentikasi akun dengan resmi.

Selain itu, centang biru yang tidak semua pengguna bisa mendapatkannya ini, juga berfungsi untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi pesan yang dikirim oleh akun resmi atau akun palsu.

Jadi, manfaat centang biru pada Gmail ini berfungsi untuk meningkatkan standar keamanan layanan. Manfaat Gmail bercentang biru ini akan lebih dirasakan manfaatnya oleh admin atau pengirim pesan. Penerima pesan tidak perlu lagi mengubah peraturan apapun. Ia hanya akan melihat lencana centang biru di samping nama pengirim pesan.

Selain bermanfaat untuk mengidentifikasi dan menghentikan spam, centang biru pada Gmail ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah merk produk, serta meningkatkan kepercayaan perusahaan dalam menjalankan bisnis terkait.

Kendati fitur centang biru Gmail ini mulai diluncurkan pada 3 Mei 2023 secara bertahap dan dapat diterapkan oleh pengguna Google Workspace dan pengguna Google Accounts personal, tetapi hingga saat ini pengguna Gmail di Indonesia belum banyak yang mendapat centang biru.

(Sumber: Suara.com) 

Gmail Centang Biru Viral BIMI Twitter Tanpa Biaya


Loading...