Dida Fardillla Mulai Merubah SDN 1 Haurpanggung Jadi Bersih dan Sehat

Dida Fardillla Mulai Merubah SDN 1 Haurpanggung Jadi Bersih dan Sehat
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 14 Maret 2023 22:28 WIB

TARKID, (terasjabar.id).- Mendukung program pemerintah, SDN 1 Haurpanggung menggelar sosialisasi makanan sehat isi piringku Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta edukasi lingkungan (asal usul sampah) di lingkungan sekolah bersama TP PKK Kecamatan Tarogong Kidul dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut.

Sosialisasi untuk seluruh siswa dan para orang tua SDN 1 Haurpanggung khususnya juga SDN 2 Haurpanggung ini disampaikan pada perwakilannya di kelas multifungsi, dengan dibuka oleh Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul, Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., disaksikan para narasumber, pengawas pembina, Kepala SDN 1 Haurpanggung dan beberapa guru-guru dari dua sekolah, Selasa (14/3/2023).

Sebelum penyampaian materi, SDN 1 Haurpanggung melakukan penandatanganan perjanjian pendahuluan atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan TP PKK Kecamatan Tarogong Kidul dan DPW DLH Kabupaten Garut dengan disaksikan oleh Korwil, Edi Sutrisno, dan Pengawas Pembina, Dedah Maryonah, S.Pd., M.Pd. (Korwas).

Dalam kesempatan ini, Korwil Edi Sutrisno berpesan kepada seluruh orang tua siswa khususnya para ibu-ibunya untuk memberikan makan sehat sesuai dengan B2SA serta berpesan untuk menjaga ucapan, karena ucapan itu bisa saja jadi doa bagi masa depannya. Misalnya, kata Korwil Edi, kalau anak melakukan sebuah kesalahan, jangan dimarahi tapi dinasehati dengan bahasa yang baik.

Selain itu, Korwil Edi Sutrisno juga berpesan terkait dengan sampah yang harus dibiasakan oleh anak-anak, karena sampah ini selalu jadi persoalan baik di sekolah, lingkungan maupun di rumah. Untuk itu, Korwil Edi meminta kepada para siswa dan orangtuanya untuk memperhatikan yang disampaikan para narasumber dan melaksanakan dengan konsisten.

Langkah yang diambil Dida Fardillla, S.Pd., selaku Kepala SDN 1 Haurpanggung yang terbilang masih baru memimpin, tapi sudah berani untuk melakukan perubahan di lingkungan sekolahnya. Untuk itu, pengawas pembina, Dedah Maryonah mengapresiasinya, dengan harapan ada kolaborasi seutuhnya dalam mengimplementasikan dari program ini.

Dirinya berharap program ini berkelanjutan dan menjadi pembiasaan, terutama dalam hal sampah, karena kalau sudah biasa lingkungan yang bersih, sampah itu bisa berguna, dapat menambah nilai ekonomi, dan itu tergantung dari cara memilahnya.

Adapun tujuan dari sosialisasi ini, terang Dida Fardillla untuk diketahui dan dipahami tentang makanan sehat dan kepedulian terhadap lingkungan, karena lingkungan yang baik ini bukan hanya untuk sekarang saja tap untuk dikemudian juga. ***Jajang Sukmana

Dida Fardillla Mulai Merubah SDN 1 Haurpanggung Jadi Bersih dan Sehat


Loading...