Berikut Beberapa Dampak Akibat Sering Terlambat Makan

Berikut Beberapa Dampak Akibat Sering Terlambat Makan
Ilustrasi (Sehatq : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Maret 2023 14:58 WIB

Terasjabar.id -- Kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga baik-baik. Karena jika sakit, nikmat sehat itu sangat mahal sekali. Maka dari itu, kita harus menjaga baik-baik tubuh kita dari segala penyakit dan mencegahnya.

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan tidak terlambat makan. Karena meskipun terlihat sepele, terlambat makan bisa mengakibatkan hal yang serius bagi kesehatan dan hal lainnya. 

Dikutip dari laman Instagram seorang dokter dan pemerhati kesehatan @evi_carolina2, mari kita simak baik-baik 6 dampak akibat sering terlambat makan!

1. Gangguan lambung

Terlambat makan dapat mengakibatkan penyakit tukak lambung atau radang lambung. Hal ini disebabkan karena lambung mengalami luka atau iritasi. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur pola makan dan jam makan dengan disiplin.

2. Kurang produktif

Tidak hanya pada kesehatan, terlambat makan juga bisa mengakibatkan seseorang kurang produktif. Hal ini terjadi karena terlambat makan bisa membuat kamu mudah lelah dan mengantuk karena berkurangnya pasokan glukosa dalam otak.

Bukan hanya itu, berkurangnya pasokan glukosa juga bisa memicu gejala pusing dan sakit kepala. Sehingga, kamu menjadi kurang produktif.

3. Kenaikan berat badan

Kebiasaan melewatkan jam makan akan membuat kamu lebih cepat lapar. Menurut National Health of Institut AS kebiasaan ini akan membuat kamu makan lebih banyak dari biasanya. Sehingga, asupan lemak dan kalori akan lebih besar dari biasanya. Jika hal itu terus berlanjut bisa mengakibatkan obesitas.

4. Keram perut

Terlambat makan bisa menyebabkan terjadinya Iritable Bowel Syndrom atau IBS. Iritable Bowel Syndrom yaitu gangguan yang mengacu pada kumpulan gejala seperti luka lambung dan keram perut.

5. Lebih mudah sakit

Kebiasaan melewatkan jam makan dalam jangka yang panjang dapat lebih membuatmu rentan terhadap penyakit. Hal itu disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan gizi yang cukup dalam mendukung sistem imunitas untuk melawan infeksi.

6. Insomnia

Melewatkan jam makan juga bisa mengganggu jam istirahat. Hal itu karena nyeri perut di malam hari yang bisa membuat kamu tidak bisa terlelap. Seperti yang kita tahu, insomnia bisa mengakibatkan sakit kepala dan tidak produktif di hari berikutnya.

Itulah tadi 6 dampak akibat terlambat makan. Informasi ini tidak bisa dijadikan saran medis yang berkualifikasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

Disadur dari Suara.com 

Kesehatan Makan Berat Badan


Loading...