Meskipun Nikmat, Ternyata Ngopi Sambil Merokok Bisa Membahayakan !

Meskipun Nikmat, Ternyata Ngopi Sambil Merokok Bisa Membahayakan !
RS EMC
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 28 Januari 2023 10:03 WIB

Terasjabar.id - Kebanyakan perokok biasanya menikmati kopi mereka sambil merokok. Meski ini lumrah terjadi, ternyata dua kombinasi ini tidak baik untuk kesehatan tubuh.
Bagi beberapa orang, merokok sambil ngopi sudah bukan hal yang aneh lagi. Malah sebagian orang justru lebih menikmati kopi mereka, jika diselingi dengan merokok.

Tren merokok sambil ngopi ini sudah ada sejak dulu, tapi jika dilakukan secara terus menerus tentunya bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan mengapa merokok sambil minum kopi tidak disarankan untuk kesehatan.


1. Efek dari Minum Kopi

Ini Sebabnya Mengapa Ngopi Sambil Merokok Sangat Tak Dianjurkan Foto: Ilustrasi iStock
Kopi merupakan stimulan untuk meningkatkan kesadaran hingga membuat seseorang merasa lebih berenergi. Menurut data dari National Coffee Association, sebanyak 83% warga di Amerika minum kopi setiap harinya.

Rata-rata mereka meminum tiga cangkir sehari. Jika ditotal bisa mencapai 587 juta cangkir kopi yang diminum dalam setahun. Meski kopi mengandung banyak manfaat untuk kesehatan seperti alzheimer, kanker hingga stroke. Ada juga efek sampingnya.

Tapi jika konsumsi kopi disandingkan dengan nikotin dari rokok, ternyata bisa menyebabkan gangguan atau efek negatif pada hati.

2. Gangguan Jantung

Ini Sebabnya Mengapa Ngopi Sambil Merokok Sangat Tak Dianjurkan Foto: Ilustrasi iStock
Sebuah studi yang dipublikasikan lewat Journal of the American College of Cardiology, menjelaskan tentang efek samping dari merokok sambil ngopi. Dari penelitian yang diambil, mereka melihat adanya risiko kekakuan pada arteri yang terjadi oleh peserta yang merokok sambil ngopi.

Karena perpaduan antara rokok dan kopi ini disebut bisa mempercepat kerusakan jantung, yang disebabkan karena kandungan nikotin pada rokok. Serta dorongan kafein dari kopi, yang membuat jantung bekerja lebih cepat. Keduanya juga dapat menyebabkan hipertensi.

3. Memicu Jantung Bekerja Lebih Cepat

Ini Sebabnya Mengapa Ngopi Sambil Merokok Sangat Tak Dianjurkan Foto: Ilustrasi iStock
Karena efek kafein dan nikotin yang sama, jadinya senyawa ini bekerja semakin kuat. Saat jantung bekerja terlalu cepat akibat dua senyawa ini, beban yang dipikul jantung juga akan bertambah. Sehingga semakin lama fungsi jantung akan cepat rusak.

Merokok juga meningkatkan risiko gangguan jantung sampai pembuluh darah. Rokok dikaitkan sebagai pemicu atau faktor yang meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis terutama kanker.

Pada wanita, berbagai senyawa racun dalam rokok juga bisa mengganggu pertumbuhan janin saat masih dalam kandungan.

4. Bahaya Lain Merokok Sambil Ngopi

Ini Sebabnya Mengapa Ngopi Sambil Merokok Sangat Tak Dianjurkan Foto: Ilustrasi iStock
Selain bahaya-bahaya di atas, merokok dan ngopi di waktu yang sama juga bisa memicu tekanan darah tinggi. Ketika keduanya dikonsumsi, kopi akan meningkatkan aliran darah, sedangkan rokok akan menyempitkan pembuluh darah.

Kombinasi ini yang dapat menyebabkan berkembangnya plak di arteri, yang membuat arteri menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya. Tentunya efek dari semua ini bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Alih-alih minum kopi, beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk menggantinya dengan teh hijau ketika sedang merokok. Meski teh hijau mengandung kafein, tapi kandungan antioksidannya tinggi dan meningkatkan fungsi otak.

Baca artikel detikfood, "Ini Sebabnya Mengapa Ngopi Sambil Merokok Sangat Tak Dianjurkan" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-6536042/ini-sebabnya-mengapa-ngopi-sambil-merokok-sangat-tak-dianjurkan.

Ngopi Merokok Viral Kopi dan Rokok Gangguan jantung Viral


Loading...