Tidak Seperti Sebelumnya, Berikut Gejala Covid Varian Kraken , Sakit Kepala Hingga Sakit Tenggorokan !

Tidak Seperti Sebelumnya, Berikut Gejala Covid Varian Kraken , Sakit Kepala Hingga Sakit Tenggorokan !
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 27 Januari 2023 09:17 WIB

Terasjabar.id -- Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken sudah masuk Indonesia. Varian ini disebut-sebut cepat menular. Simak gejala Covid-19 varian Kraken.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan varian Kraken sudah ditemukan di Indonesia. Kraken 'dibawa' oleh warga negara Polandia yang masuk Indonesia via Jakarta.

"Tanggal 11 Januari dia mau naik kapal, jadi di-PCR sebagai syarat masuk kapal, dan hasilnya positif," ujar Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (25/1).


Dari hasil tes PCR positif, selanjutnya dilakukan whole genome sequences (WGS) dan ditemukan ia terinfeksi Kraken.

Kraken disebut lebih menular dibandingkan subvarian lainnya. Lonjakan kasus Covid-19 di AS pun kemungkinan terjadi akibat varian Kraken.

Gejala Covid-19 varian Kraken


Banyak yang beranggapan, gejala Covid-19 varian Kraken tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

Namun, mengutip National World, Allison Arwady dari Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago AS mencatat bahwa sebagian besar gejala Kraken mirip seperti pilek. Gejala seperti flu, yang di antaranya termasuk demam dan nyeri persendian, lebih jarang ditemukan.

"Kami melihat lebih banyak pasien yang sebenarnya hanya memiliki gejala pilek. Pasien cenderung tak memiliki gejala demam dan nyeri persendian," ujar Arwady.

1. Pilek dan bersin
Virus SARS-CoV-2 juga bisa memicu pilek dan bersin seperti virus influenza. Hidung bisa terus mengeluarkan cairan dan terasa gatal. Cukup sulit membedakan pilek akibat Covid-19 atau flu biasa. Sebaiknya, lakukan tes swab untuk memastikan.

2. Kelelahan
Ilustrasi. Kelelahan, salah satu gejala Covid-19 varian Kraken. (iStockphoto/ljubaphoto)
Tubuh bisa cepat lelah saat terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. Kelelahan timbul akibat tubuh mengerahkan energi untuk menghadapi virus yang masuk. Pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan jika Anda merasakan lelah yang tidak biasa.

3. Sakit kepala
Sakit kepala juga merupakan salah satu gejala Covid-19 varian Kraken. Gejala sakit kepala juga ditunjukkan oleh pasien Covid-19 varian lain. Biasanya sensasi yang muncul berupa kepala berdenyut.

4. Batuk kering
Kasus batuk pada pasien Covid-19 biasanya berupa batuk kering. Intensitas batuk akan meningkat di malam hari dan sangat mengganggu.

Meski demikian, bukan berarti Anda langsung mengabaikan batuk berdahak. Sebab, ada beberapa pasien Covid-19 yang mengalami batuk berdahak.

5. Sakit tenggorokan
Sebaiknya, mulai sekarang jangan menyepelekan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan jadi salah satu gejala Covid-19 varian Kraken. Sakit tenggorokan mengganggu proses menelan dan terasa nyeri.


Baca artikel CNN Indonesia "Bukan Demam dan Nyeri Otot, Ini 5 Gejala Covid-19 Varian Kraken" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230126193442-255-905358/bukan-demam-dan-nyeri-otot-ini-5-gejala-covid-19-varian-kraken.

Covid Varian kraken Virus Corona Gejala Awal Covid Kraken Gejala Terkena Varian kraken


Loading...