Berikut Cara Membuat Telur Ceplok Secara Sempurna

Berikut Cara Membuat Telur Ceplok Secara Sempurna
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 26 Januari 2023 13:10 WIB

Terasjabar.id - Ada banyak cara aneh dan luar biasa untuk membuat telur ceplok atau telur mata sapi, seperti menggoreng dengan krim, membekukan telur selama 48 jam terlebih dahulu, atau memisahkan kuning telur dari putihnya.

Tetapi memasak telur mata sapi dengan cara lama sebenarnya mudah dilakukan. Idealnya, telur harus memiliki putih telur yang baru saja mengeras dan kuning telur encer yang terlihat siap pecah. Begini cara membuat telur ceplok atau telur mata sapi sempurna. 

Ilustrasi makan telur ceplok. (Shutterstock)
Ilustrasi makan telur ceplok. (Shutterstock)

Ada beberapa poin penting untuk membantu membuat telur mata sapi yang dimasak dengan sempurna. Berikut caranya seperti dikutip dari TheKitchn.

  • Pakai ajan besi atau wajan anti lengket, tetapi Anda harus memanaskan wajan di atas api sedang setidaknya selama 3 menit dan minyak selama satu atau dua menit lagi, hingga berkilauan. Kalau tidak, telur bisa menempel di wajan saat menggunakan besi tuang.
  • Pecahkan telur satu per satu ke dalam ramekin kecil dan tuang perlahan telur ke dalam wajan panas untuk membantu mengatur kuning telur di tengah putih telur.
  • Tepinya tidak boleh renyah atau kecokelatan pada telur yang menghadap ke atas, jadi jika Anda mendengar wajan meludah dan mendesis saat telur mengenai wajan, Anda segera mengangkatnya dari api untuk mendingin sekitar satu menit sebelum kembali. itu ke panas.
  • Tutupi wajan dengan penutup dan masak dengan api kecil untuk mengatur putihnya tanpa harus diolesi lemak tambahan.
  • Gunakan telur yang paling segar sedapat mungkin, karena semakin segar, semakin kuat proteinnya, sehingga telur akan mempertahankan bentuknya dan tidak menyebar ke seluruh wajan.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan. Selamat mencoba di rumah.

Disadur dari Suara.com 

Telur Ceplok Cara Membuat Telur Mata SApi


Loading...