Sulit Tidur Kalian Bisa Konsumsi 6 Makanan Ini ! Karena Bisa Sebabkan Kantuk

Sulit Tidur Kalian Bisa Konsumsi 6 Makanan Ini ! Karena Bisa Sebabkan Kantuk
Merdeka.com
Editor: Malda Life Style —Senin, 23 Januari 2023 10:26 WIB

Terasjabar.id - Anda merasakan sulit tidur? Salah satu solusinya adalah bisa dengan makan. Lho, apa hubungannya?
Dikutip dari detikFood yang melansir Well and Good dan Clevel and Clinic, ada beberapa makanan yang menyebabkan rasa kantuk. Mulai dari minum teh chamomile, cukup protein, hingga alpukat.


Berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan kantuk:


1. Teh Chamomile
Jenis teh sangat beragam, ada yang berasal dari pucuk daun teh maupun bunga yang kerap disebut tisane. Salah satu jenis tisane populer terbuat dari bunga chamomile.

Teh chamomile ini memiliki manfaat yang dapat menenangkan tubuh. Maka baik dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Serena Poon, seorang ahli nutrisi mengungkapkan, "Chamomile banyak memberikan manfaat lainnya, seperti zat antioksidan, senyawa fenolik, dan anti-inflamasi."

2. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang dapat dikonsumsi sebagai minuman maupun makanan. Diketahui kalau alpukat mengandung lemak tak jenuh dan zat antioksidan.

Poon juga menjelaskan bahwa alpukat baik dikonsumsi penderita insomnia karena dapat menyebabkan kantuk. "Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh di mana memproduksi serotonin, yang membantu kualitas tidur," jelas Poon.

3. Makanan Karbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga terbukti dapat menyebabkan rasa kantuk. Kamu bisa mencoba makanan karbohidrat kompleks ini jika kualitas tidur memburuk.

Makanan karbohidrat kompleks itu di antaranya adalah nasi merah dan makanan yang mengandung gandum. Seperti mie, roti, dan lainnya. Buah-buahan juga ada yang mengandung karbohidrat kompleks seperti apel dan buah berry.

4. Kacang Pistachio
Kalau ingin cepat mengantuk, kacang pistachio juga bisa dikonsumsi oleh penderita insomnia. Kamu bisa menjadikannya camilan sebelum tidur.

Pistachio ini makanan yang dapat meningkatkan hormon secara alami, karena mengandung melatonin. Poon mengatakan, "Studi menunjukkan bahwa makanan sumber melatonin dapat mendukung peningkatan kualitas tidur."

5. Protein Tanpa Lemak
Ada beberapa makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Di antaranya seperti daging ayam (bagian dada), ikan, hingga keju rendah lemak.

Makanan protein tanpa lemak ini juga tinggi asam amino triptofan yang cenderung meningkatkan kadar serotonin. Ketika serotonin meningkat, kualitas tidur juga membaik.

6. Makanan Tinggi Magnesium
Kalau ingin kualitas tidur juga membaik, makanan tinggi magnesium ini cocok dikonsumsi. Karena, makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kantuk.

Makanan yang mengandung magnesium di antaranya sayuran hijau seperti bayam, lalu ada juga kacang-kacangan. Biji-bijian juga termasuk makanan yang mengandung magnesium tinggi.



Baca artikel detikjabar, "6 Makanan yang Berfungsi Jadi 'Obat Tidur'" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/kuliner/d-6528777/6-makanan-yang-berfungsi-jadi-obat-tidur.


Makanan kantuk Viral Makanan Tisane Clevel And Clinic Makanan yang bisa Sebabkan kantuk


Loading...