Korem 062/Tn Menyelenggarakan Upacara 17-an Bulan Januari 2023

Korem 062/Tn Menyelenggarakan Upacara 17-an Bulan Januari 2023
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 17 Januari 2023 12:43 WIB

GARUT, (terasjabar.id).- Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M yang diwakili Kasipersrem 062/Tn Letkol Caj Sutarmin selaku inspektur upacara pada upacara 17-an bulan Januari tanggal 17 Januari 2023, bertindak sebagai Komandan upacara Ketua Komite Keperawatan Rumkit TK. IV 03.07.04 Guntur Denkesyah 03.04.02 Garut Kapten Ckm Bambang S, dan Perwira Upacara Letda Ckm Suyanto bertempat di lapangan upacara Makorem 062/Tn JLn. Bratayudha No. 65, Kecamatan Garut Kota, Selasa (17/01/2023).

Satuan upacara terdiri dari Kelompok gabungan Pamen, Korsik, Kelompok gabungan Pama, Kelompok Taruna Akmil Tingkat IV/Sermatutar peserta On The Job Training (OJT) dan pasukan upacara bersenjata peleton Denpom III/2 Garut, kompi upacara dua gabungan Ba, Ta dan kompi upacara tiga Pns jajaran Korem 062/Tn.

Dalam upacara 17-an tersebut Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang intinya menyampaikan masih dalam suasana Natal dan tahun baru, izinkan saya mengucapkan selamat Natal bagi rekan-rekan yang beragama Nasrani, dan selamat tahun baru 2023 untuk seluruh prajurit TNI. Semoga semangat damai natal terus menyebar di Bumi Nusantara yang kita cintai, dan semoga tahun ini akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Situasi dan kondisi dilingkungan strategis saat ini terus berkembang dengan cepat, dinamis, dan penuh dengan ketidakpastian. Hal ini telah memunculkan beragam spektrum ancaman baik ancaman militer, ancaman non-militer maupun ancaman hibrida yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta keselamatan segenap Bangsa Indonesia. Tantangan yang dihadapi Bangsa saat ini sangatlah beragam dan kompleks. Pandemi Covid-19 masih menyisakan permasalahan berupa krisis ekonomi dan inflasi di tengah masyarakat. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan perang antara Rusia dan Ukraina serta ketegangan di kawasan Asia Timur yang turut melemahkan kondisi ekonomi global. Di sebagian wilayah NKRI, gangguan dari kelompok separatis teroris masih terus mengusik keamanan dan ketenangan masyarakat. Dan yang terakhir, kita akan dihadapkan dengan tantangan penyelenggaraan pesta demokrasi berupa pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024.

Menyikapi beragam kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa tersebut, TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan oleh undang-undang. Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa. Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, "TNI harus mampu menjadi Patriot,
yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. TNI kuat, rakyat bermartabat."

Selamat bertugas dan jadilah prajurit profesional yang humanis, ingatlah selalu petuah Jenderal Besar Soedirman, yakni "Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu," pungkasnya. (Penrem 062/Tn).

Korem 062/Tn Menyelenggarakan Upacara 17-an Bulan Januari 2023


Loading...