Selain Nabi Khidir AS, Berikut 3 Nabi Lainnya yang Dipercaya Masih Hidup Hingga Saat Ini

Selain Nabi Khidir AS, Berikut 3 Nabi Lainnya yang Dipercaya Masih Hidup Hingga Saat Ini
Bincang Syariah
Editor: Malda Hot News —Selasa, 17 Januari 2023 10:47 WIB

Terasjabar.id - Kisah para nabi yang masih hidup hingga kini kembali menjadi topik perbincangan hangat di Twitter. Momen ini berawal dari sebuat cuitan yang meminta penjelasan akan hal tersebut melalui akun @tanyarlfes.

"Mau tau dong kisah-kisah dan alasannya nabi nabi itu yang masih hidup, terlebih nabi Ilyas. Terimakasih," demikian isi cuitan tersebut, dilampiri tangkapan layar video TikTok yang membahas nabi yang masih hidup, dikutip Selasa (17/1/2023).


Lantas, benarkah ada nabi yang masih hidup hingga kini? Menurut ajaran Islam, memang ada empat nabi yang masih diberi kesempatan untuk hidup. Nah, berikut daftarnya sekaligus cerita selengkapnya yang berhasil Suara.com rangkum. 

1. Nabi Khidir AS

Nabi Khidir mungkin asing bagi sebagian orang, karena namanya memang tidak masuk dalam daftar 25 nabi dan rasul yang wajib diimani. Ia sendiri dikenal sebagai sahabat Nabi Musa AS. Nabi Khidir sudah ada di dunia sejak tahun 322 SM dan diyakini masih hidup hingga kini.

Dikatakan bahwa Nabi Khidir meminum Ainur Hayat atau mata air keabadian di bawah arahan Allah SWT. Hal ini yang membuatnya berumur panjang. Adapun tugas yang diberikan Allah kepadanya, yakni memberikan petunjuk serta pelajaran mengenai hikmah kepada para wali Allah.

2. Nabi Isa AS

Menurut ajaran Islam, Nabi Isa dianggap masih hidup karena diangkat oleh Allah ke surga. Tepatnya ketika ia hendak disalibkan. Adapun sosok yang ditangkap saat itu diketahui sebagai Yudas Iskariot, seorang murid Nabi Isa yang durhaka.

Disebutkan bahwa Allah menggantikan Nabi Isa dengan Yudas, yang wajahnya dibuat mirip Nabi Isa. Allah menyimpan Nabi Isa di langit dan akan mengirimnya kembali ke bumi sebelum hari Kiamat untuk melawan Dajjal. Di sisi lain, bukti Nabi Isa yang diyakini masih hidup terdapat dalam Surat An-Nisa ayat 157.

3. Nabi Idris AS

Berdasarkan cerita, Nabi Idris mengajukan syarat kepada Allah SWT ketika nyawanya akan dicabut. Ia meminta dibangkitkan kembali dan terjadilah. Ia merasakan kematian sebelum akhirnya Allah membangkitkannya lagi.

Nabi Idris lantas melakukan perjalanan ke neraka dan surga. Ketika hendak pergi dari surga, ia meninggalkan alas kakinya di sebuah pohon di sana. Malaikat Izrail menyuruhnya untuk mengambil benda itu.

Namun, dengan alasan nyaman, Nabi Idris tidak ingin meninggalkan surga setelah masuk kembali. Ia pun meminta malaikat Izrail membiarkannya di surga dan tetap berada di dalam surga sejak saat itu.

4. Nabi Ilyas AS

Nabi Ilyas menjadi nabi yang diyakini masih hidup hingga kini. Suatu hari, ia didatangi malaikat yang hendak menjemput nyawanya. Mengetahui hal itu, Nabi Ilyas merasa sedih hingga menangis karena jika meninggal, tak akan bisa lagi berzikir kepada Allah.

Atas dasar alasan itu, Allah SWT memerintahkan malaikat untuk menangguhkan pencabutan nyawa Nabi Ilyas AS. Ia menerima kesempatan untuk terus berzikir sesuai dengan permintaannya.

(Sumber: Suara.com)

Nabi Khidir AS Nabi Isa Viral Nabi Idris Nabi Ilyas Nabi yang Masih Hidup Hingga Kini


Loading...