Berikut Beberapa Catatan Menarik Usai Barcelona Tundukkan Real Madrid di Final Piala Super Spanyol 2022/23

Berikut Beberapa Catatan Menarik Usai Barcelona Tundukkan Real Madrid di Final Piala Super Spanyol 2022/23
(Bola Okezone : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 16 Januari 2023 13:16 WIB

Terasjabar.id -- Barcelona berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya yakni Real Madrid dengan skor 3-1 di final Supercopa de Espana atau Piala Super Spanyol 2022/23. Kemenangan ini membuat tim asuhan Xavi Hernandez meraih gelar ke-14 nya di ajang ini. 

Barcelona memang pantas menjadi juara karena menguasai laga dari sepak mula. Terbukti tim berjuluk Blaugrana tersebut sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Pablo Gavi dan Robert Lewandowski masing-masing di menit 33 dan 45.

Di babak kedua, Barcelona tidak mengendurkan tekanan sehingga kembali menambah keunggulan lewat gol Pedri pada menit ke-69. Real Madrid hanya bisa memperkecil kedudukan menjadi 3-1 lewat gol Benzema di menit 90+3. 

Selain kemenangan Barcelona atas rivalnya di final, laga ini juga menghasilkan beberapa catatan menarik seperti di bawah ini:

1. Jadi gelar Piala Super Spanyol pertama bagi Barcelona di era 4 tim

Kemenangan Barcelona dengan skor 3-1 atas Real Madrid membuat Barca berhak atas gelar Piala Super Spanyol 2022/23. Terdapat catatan menarik pada kemenangan Barca di final karena untuk kali pertama Barcelona berhasil menjuarai Piala Super Spanyol sejak kompetisi ini diikuti oleh 4 tim mulai edisi 2019/20 silam.

Terakhir kali Barcelona menjuarai ajang ini adalah pada edisi 2018 dimana saat itu hanya diikuti oleh dua tim. Kala itu, Barcelona menjadi juara setelah mengalahkan Sevilla dengan skor 2-1.

2. Xavi Hernandez raih gelar pertama sebagai pelatih Barcelona

Catatan menarik selanjutnya terkait dengan keberhasilan Xavi Hernandez mempersembahkan gelar pertama sebagai pelatih Barcelona. Xavi yang sudah mempersembahkan 27 gelar juara semasa masih menjadi pemain Barcelona semakin mempertegas statusnya sebagai legenda klub dengan berhasil mengantarkan Barcelona menjadi juara Piala Super Spanyol 2022/23.

3. Real Madrid kalah di final untuk pertama kali pada era 4 tim

Bagi Real Madrid, kekalahan di final melawan Barcelona menyisakan catatan yang tentu tak mengenakkan bagi klub ibukota Spanyol tersebut. Untuk kali pertama sejak Piala Super Spanyol diikuti 4 tim pada 2019/20, Real Madrid gagal memenangkan partai final.

Sebelumnya Real Madrid sudah dua kali mencapai final dan selalu meraih kemenanangan. Yang pertama saat mengalahkan Atletico Madrid lewat adu penalti dengan skor 4-1 di edisi 2019/20. Kemudian yang kedua dimana El Real memenangkan final 2021/22 dengan menundukkan Athletic Bilbao dengan skor 2-0.

Itulah catatan menarik dalam kemenangan Barcelona dengan skor 3-1 atas Real Madrid pada final Piala Super Spanyol 2022/23. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Real Madrid Piala Super Spanyol 2023 Barcelona


Loading...