Bisa Buat Anak Sakit Tenggorokan dan Sulit Bernafas, Chiki Ngebul Masih Boleh Dijajakan ?

Bisa Buat Anak Sakit Tenggorokan dan Sulit Bernafas, Chiki Ngebul Masih Boleh Dijajakan ?
Liputan6.com
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 14 Januari 2023 09:47 WIB

Terasjabar.id -  Bisa Buat Anak Sakit Tenggorokan dan Sulit Bernafas, Chiki Ngebul Masih Boleh Dijajakan ? 

Banyaknya konsumsi Ciki Ngebul di kalangan masyarakat Indonesia, ternyata menimbulkan dampak buruk pada kesehatan. Hal ini terlihat dari laporan, adanya kasus yang mengalami keracunan sampai ada yang dirawat di Rumah Sakit.

Terkait dengan berjatuhannya korban akibat ciki ngebul, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan tanggapan bahwa mereka tidak melarang penjualan panganan kreatif itu.

Menurut Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes dr. Anas Ma'ruf, pihaknya hanya mengeluarkan  imbauan atau rekomendasi yang tertuang dalam Surat Edaran terkait penggunaan Nitrogen Cair dalam pangan siap saji.

"Sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan kita saat ini hanya merekomendasikan, tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan jajanan untuk para pelaku usaha di pasar malam, di masyarakat. Kita rekomendasikan untuk tidak menggunakan nitrogen mengingat dengan adanya penemuan kasus," jelas dr Anas dalam Konferensi Pers terkait Kewaspadaan Nitrogen Cair pada Pangan Siap Saji secara online, Kamis (12/1/2023)

Ciki Ngebul diketahui mengandung Nitrogen Cair dalam penyajiannya. Kuat dugaan, kandungan itulah yang membuat banyak korban berjatuhan usai mengonsumsinya.

Ada beberapa efek yang diderita korban usai mengonsumsi ciki ngebul. Antara lain sebagai berikut.

1. Buat anak mengalami radang dingin dan luka bakar.

2. Buat anak kesulitan bernafas, jika terhirup uap dari Ciki Ngebul

3. Buat anak sakit tenggorokan, jika dikonsumsi dalam bentuk cair.

"Karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh, dapat memicu kerusakan internal dengan organ tubuh," keterangan dalam paparan dr Anas.

(Sumber: Okezone.com)

Chiki Ngebul Cikibul Viral Anak Keracunan Tasik Bekasi Viral MMRS Ryan bayusantika ristandi SNC Tasikmalaya Nitrogen Cair Bahaya Ciki Ngebul Ciki bul


Loading...