Berikut Beberapa Manfaat Membaca Buku Secara Rutin

Berikut Beberapa Manfaat Membaca Buku Secara Rutin
Ilustrasi (Katadata : Google)
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 11 Januari 2023 15:02 WIB

Terasjabar.id -- Umumnya orang yang dikenal sebagai pecinta atau kutu buku dianggap sebagai orang yang pintar dan berwawasan luas. Hal tersebut sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan namun tak bisa dibilang salah juga. Kebanyakan orang yang hobi membaca buku memang punya pengetahuan yang lebih luas dan juga kepribadian yang unik, tergantung dari jenis bacaan orang tersebut.

Itu terjadi karena kegiatan membaca buku memang memiliki banyak sekali keuntungan dan manfaat yang diberikan.  Dari sekian banyak manfaat membaca buku yang tak terhitung, simak tiga manfaat membaca buku berikut ini dan lihat apakah kamu setuju dengan poin-poinnya.

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak yang bisa membuat daya otak kita menurun. Tidak hanya itu, orang yang menderita penyakit alzheimer juga mengalami penurunan kemampuan berpikir, berbicara, dan hal-hal lainnya. Mengutip braintest.com, memiliki kebiasaan rutin untuk membaca buku dapat mencegah penyakit alzheimer serta memperpanjang umur kita.

Meskipun penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang berusia lanjut, tidak ada salahnya menerapkan kebiasaan membaca sejak dini sebagai pencegahan di masa mendatang nanti. Apa lagi di zaman sekarang menemukan buku untuk dibaca bukanlah hal yang sulit. Ada banyak buku yang juga dicetak dengan versi digital. Kamu tidak perlu repot-repot mengantongi buku yang membuatmu ribet tersebut.

2. Membuatmu Lebih Bisa Berempati

Ketika seseorang membaca buku fiksi, orang tersebut sebenarnya sedang melihat dunia dari sudut pandang milik orang lain. Hal itu membuatnya lebih pintar secara emosi dan inteligensi. Dengan rutin membaca buku jenis tersebut, kita akan bisa memahami cara pikir orang lain yang berhadapan dengan kita nantinya. Sehingga kita bisa memberikan respon yang kemungkinan akan sesuai dengan apa yang diekspektasikan oleh orang lain.

3. Mengurangi Stres

Jenis buku fiksi memang selalu menjadi pilihan teratas kalau soal meredakan stres. Ketika kita membaca buku fiksi, pikiran dan imajinasi kita akan sepenuhnya bekerja mengolah kalimat demi kalimat yang kita baca. Dengan begitu, pikiran rumit yang datang dari kehidupan nyata yang sebelumnya menimbulkan stres pada kita akan tersingkirkan. Kita akan menjadi lebih relaks dan termeditasi saat membaca buku.Itu dia tiga manfaat membaca buku yang paling bagus. Kamu jadi tertarik juga untuk membaca buku?

Disdur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Membaca Buku Manfaat Keuntungan


Loading...