Apasih Growth Mindset dan Fixed Mindset ? Bagaimana Cara Menumbuhkannya ?

Apasih Growth Mindset dan Fixed Mindset ? Bagaimana Cara Menumbuhkannya ?
Finansialku
Editor: Malda Life Style —Selasa, 10 Januari 2023 09:53 WIB

Terasjabar.id - Growth mindset adalah pola pikir yang berkembang menuju perubahan untuk lebih baik lagi ke depannya demi meraih sukses. Sedangkan fixed mindset adalah orang-orang yang meyakini bahwa kecerdasan itu tetap serta tidak ada ruang untuk berkembang.

Mereka penganut fixed mindset ini cenderung mengikuti arus tanpa mau berusaha mengubah keadaan. Padahal jika yakin bisa maka keberhasilan bukanlah sesuatu yang tidak dapat diperjuangkan.

Dunia semakin hari berubah kian pesat. Jika kita tidak mengimbangi pertumbuhan tersebut dengan pola pikir yang selangkah lebih maju maka resiko kegagalan dan sulit mencapai kesejahteraan hidup di masa depan kian meningkat .

Mulai sekarang coba ubah cara berpikir kita apabila masih dipenuhi rasa putus asa. Kira-kira kiat apa saja yang bisa kita lakukan agar menumbuhkan growth mindset. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

1. Belajar dari Kegagalan 

Mencoba hal baru lalu tak membuahkan hasil jangan lantas menyerah. Evaluasi cara kerja kita serta cari penyebab kegagalan jadikan pelajaran untuk langkah selanjutnya. Tetap optimis, yakin bahwa perjuangan keras selalu berbuah manis.

Belajar pula dari kesalahan orang lain agar jangan sampai kita terjatuh pada lubang yang sama. Ingat bahwa guru yang paling berharga adalah pengalaman.

2. Perkuat Kalimat Positif untuk Diri Sendiri 

Setiap terbangun maupun hendak tidur atau setiap saat katakan dengan percaya diri berbagai kalimat positif untuk membangunkan semangat dalam diri. Misalnya setiap kali bercermin katakanlah aku sehat, aku mampu, aku bisa, aku hebat dan lainnya. 

Hindari perkataan buruk yang membuat diri menjadi putus harapan. Motivasi terbaik berasal dari diri sendiri bukan karena orang lain.

3. Tentukan Langkah Anda dengan Penuh Keyakinan

Selalu meminta persetujuan orang lain atas apa yang ingin kita lakukan tidak selalu benar. Hanya kita yang bertanggungjawab atas kehidupan kita bukan orang lain. Jadi sebisa mungkin berusahalah yakin dan percaya bahwa keputusan yang kita ambil pastilah terbaik.

4. Terima Kekurangan Diri dan Asah Kelebihan

Setiap dari kita pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kita tidak dapat menguasai segala bidang namun dapat menjadi unggul dalam hal yang kita tekuni. 

Syukuri apa saja yang ada dalam diri kita termasuk kekurangan yang dimiliki. Kembangkan kelebihan yang kita punya agar semakin menambah kualitas diri.

5. Pantang Takut Menghadapi Tantangan Baru

Jangan pernah ragu keluar dari zona nyaman. Upgrade diri dengan berbagai tantangan yang akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi kita. 

Memperkaya diri dengan banyak wawasan membuat pikiran semakin berkembang sebab otak sering diasah. Sehingga kita lebih siap ketika dihadapkan dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam hidup

Nah, itulah pembahasan mengenai growth mindset yang harus kita miliki di tengah gencarnya kemajuan dunia saat ini. Mulai sekarang hapus fixed mindset yang bisa menghambat kesuksesan(Sumber: Suara.com)

Pemikiran Dewasa Sukses Fixed Mindset Viral Kesejahteraan Hidup


Loading...