Berikut Keutamaan Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Mendapatkan jalan keluar dari masalah

Berikut Keutamaan Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Mendapatkan jalan keluar dari masalah
Ilustrasi (Bogor daily : Google)
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 4 Januari 2023 14:49 WIB

Terasjabar.id - Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang istimewa. Terdapat banyak keutamaan puasa sunnah ini. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui keutamaan puasa Senin Kamis.

Berdasarkan hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." Para ulama pun menafsirkan adanya keutamaan puasa Senin-Kamis yang istimewa ini.  Dikutip dari berbagai sumber, berikut keutamaan puasa Senin-Kamis. 

Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT

Rutin berpuasa Senin-Kamis akan membuahkan ampunan dosa dari Allah SWT.

2. Mendapatkan pahala besar 


Bagi yang berpuasa rutin Senin-Kamis juga akan mendapatkan pahala besar. Hadis riwayat Bukhari menyebutkan,  "Semua amalan Bani Adam adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku (Allah), dan Aku-lah yang membalasnya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah daripada harumnya minyak wangi."

3. Mendapatkan jalan keluar dari masalah berdasarkan ridho Allah SWT 

Hal ini tercantum dalam QS. Thalaq: 2 yang memiliki arti: " Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya."

4. Harum nafasnya

Siapa sangka bahwa puasa Senin-Kamis akan membuat nafas kita harum? Tentunya ini adalah sebuah keniscyaaan apabila Allah sudah berkehendak. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Malik yang menyebut Rasulullah SAW bersabda bahwa bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah, aromanya seperti minyak kesturi. 

5. Memperoleh kegembiraan yang berlipat ganda

Maksudnya ialah kita akan memperoleh kegembiraan saat berbuka puasa di hari Senin-Kamis dan kegembiraan saat kelak bertemu Allah SWT. 

7. Memperoleh Surga Rayyan

Bagi yang berpuasa akan mendapatkan surga Ar-Rayyan, yakni pintu surga yang terbuka hanya untuk para Shaimun, yakni orang-orang yang berpuasa. 

8. Memiliki amalan yang tidak ada tandingannya

Rasulullah SAW bersabda, 'Hendaklah kamu berpuasa, karena ia tidak ada bandingannya."

9. Menghapus dosa dan fitnah

Berpuasa Senin-Kamis ternyata dapat menghapus dosa dan fitnah yang pernah terjadi pada kita. Sebagai manusia, kita sering tanpa sengaja berbuat dosa. Untuk menghapusnya ada beragam cara, salah satunya adalah puasa Senin-Kamis. 

10. Zakat untuk tubuh

Hadis Riwayat Ibnu Majah menyebutkan ada sebuah zakat untuk tubuh. Mengutip hadis Abu Hurairah ra, yang mengutip sabda Rasul  yang berbunyi,  "Setiap sesuatu itu ada zakatnya dan zakatnya tubuh adalah berpuasa."
Ini juga merupakan salah satu cara kita merawat dan menyayangi tubuh kita. 

11. Memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW

Kenapa kita bisa beroleh syafa'at dari Nabi Muhammad SAW? Itu karena Nabi Muhammad SAW menyukai hari Senin dan Kamis. Mengutip keterangan dari dalamislam.com, tertera keterangan dari Abu Qotadah r.a, 
mengatakan sesungguhnya Rosulululloh SAW pernah ditanya tentang puasa Senin. Rasul menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” 

Demikian itulah kenapa kita bisa beroleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW jika melaksanakan puasa Senin-Kamis. Semoga seluruh uraian di atas juga bermanfaat untuk Anda.


Disadur dari Suara.com 

Puasa Senin Kamis Sunnah Islam


Loading...