Peneliti Ungkap Tempat Pertama Manusia Berasal, Disebt Ada di Gurun Timur Laut Sudan !

Peneliti Ungkap Tempat Pertama Manusia Berasal, Disebt Ada di Gurun Timur Laut Sudan !
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Selasa, 3 Januari 2023 10:59 WIB

Terasjabar.id - Jika kita menelusuri silsilah keluarga (family tree) dengan mundur cukup jauh, kita akan mendapati bahwa nenek moyang kita, berasal dari tempat lain ribuan tahun yang lalu.
Di sebuah tempat di gurun di timur laut Sudan, tak jauh dari Sungai Nil, menurut analisis baru yang cukup ambisius dari para peneliti di Big Data Institute University of Oxford, kemungkinan adalah rumah leluhur semua manusia yang hidup hari ini.

"Pada dasarnya, kami merekonstruksi genom nenek moyang kita dan menggunakannya untuk membentuk jaringan hubungan yang luas," jelas Dr Anthony Wilder Wohns, penulis utama studi yang diterbitkan di Science, dikutip dari IFL Science.

"Kami kemudian dapat memperkirakan kapan dan di mana nenek moyang ini tinggal," kata Wohns.

"Kami pada dasarnya telah membangun silsilah keluarga besar, silsilah untuk seluruh umat manusia," kata ahli genetika evolusioner dan penulis utama studi Dr Yan Wong.


"Silsilah ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana urutan genetik setiap orang berhubungan satu sama lain, di sepanjang semua titik genom," sambungnya.

Menggunakan data dari delapan database genom manusia yang berbeda, para peneliti mampu membuat jaringan hampir 27 juta nenek moyang. Sampelnya tidak hanya berasal dari manusia modern, tetapi juga manusia purba yang hidup di seluruh dunia antara ribuan dan ratusan ribu tahun yang lalu.

Algoritma mutakhir digunakan untuk memindai data pola variasi genetik dan memprediksi di mana nenek moyang yang sama akan muncul di pohon silsilah untuk menjelaskannya.

"Penelitian memodelkan sejarah yang menghasilkan semua variasi genetik yang kita temukan pada manusia hari ini, persis seperti yang kita bisa," jelas Wong.

Hasilnya adalah, representasi visual yang menarik dari pergerakan dan migrasi umat manusia sepanjang sejarah. Tetapi para peneliti belum selesai sampai di sini. Ketika lebih banyak data tersedia, mereka bermaksud untuk terus menambah dan meningkatkan peta silsilah ini. Berkat efisiensi metode mereka, mereka masih memiliki ruang untuk jutaan sampel genom tambahan.

"Penelitian ini meletakkan dasar bagi generasi selanjutnya dari pengurutan DNA," kata Wong. "Ketika kualitas urutan genom dari sampel DNA modern dan kuno meningkat, pohon silsilah akan menjadi lebih akurat dan pada akhirnya kita akan dapat menghasilkan satu peta terpadu yang menjelaskan keturunan semua variasi genetik manusia yang kita lihat hari ini," jelasnya.

Dan jika itu dinilai tidak cukup ambisius, menurut Wohns, tim peneliti bisa melangkah lebih jauh.

"Meski manusia yang menjadi fokus penelitian ini, metode yang dipakai berlaku untuk sebagian besar makhluk hidup, dari orangutan hingga bakteri," ujarnya.

"Ini bisa sangat bermanfaat dalam genetika medis, dalam memisahkan hubungan sejati antara wilayah genetik dan penyakit dari hubungan 'palsu' yang muncul dari sejarah leluhur kita bersama," tutupnya.

Baca artikel detikinet, "Ilmuwan Klaim Temukan Asal Usul Semua Manusia" selengkapnya https://inet.detik.com/science/d-6495092/ilmuwan-klaim-temukan-asal-usul-semua-manusia.

Umat Manusia Sejarah Ilmuan Asal Usul Manusia penelitian tempat pertama manusia


Loading...