Malam Tahun Baru 2023 Hujan Nggak ya ? Begini Analisis BMKG

Malam Tahun Baru 2023 Hujan Nggak ya ? Begini Analisis BMKG
Detik.com
Editor: Malda Hot News —Kamis, 29 Desember 2022 12:12 WIB

Terasjabar.id - Apakah tahun baru hujan? Menjelang akhir tahun 2022 dan tahun baru 2023, banyak yang menanyakan hal tersebut. Informasi tentang prakiraan cuaca di malam akhir tahun dan di awal tahun baru perlu diketahui masyarakat untuk persiapan kegiatan di waktu tersebut.
Untuk itu, simak informasi dan penjelasan terkait dari analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berikut ini.

Apakah Tahun Baru Hujan? Ini Analisis BMKG


Pihak BMKG memprediksi akan terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia selama akhir tahun 2022 dan awal tahun baru 2023. BMKG menyebut pertumbuhan awan hujan di Indonesia masih berpotensi menjadi ekstrem.


"Pertumbuhan awan hujan di Indonesia masih berpotensi untuk menjadi ekstrem dalam sepekan ke depan di wilayah Indonesia," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konpers, Selasa (27/12/2022).

Selain itu, potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem perlu diwaspadai di sejumlah wilayah pada periode 27 Desember 2022-2 Januari 2023.

Sebaran Potensi Hujan di Wilayah Indonesia


Potensi hujan sangat lebat di akhir tahun 2022 dan tahun baru 2023 terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Seperti di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Untuk potensi hujan dengan intensitas signifikan selama periode tanggal 27 Desember hingga 2 Januari, yang perlu diwaspadai potensi hujan lebat hingga sangat lebat, bahkan bisa berkembang ekstrem sampai 2 Januari," katanya.

Sementara itu, sebagian wilayah Aceh, Lampung, Kalimantan Selatan, hingga Maluku akan mengalami potensi hujan sedang. Menurut Dwikorita, potensi ini lebih ringan dari wilayah lain.

"Sedangkan potensi hujan sedang hingga lebat, jadi ini lebih rendah lagi intensitas sedang hingga lebat, dapat terjadi di sebagian wilayah Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, Papua Barat, dan Papua," imbuhnya.

Puncak Hujan di Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru


Berkaitan dengan apakah tahun baru hujan, BMKG mengatakan puncak terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan di Indonesia diprediksi terjadi pada 1 Januari 2022. Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers, yang disiarkan di YouTube BMKG, Selasa (27/12/2022).

Cuaca ekstrem, kata Dwikora, akan semakin kuat pada tanggal 30 Desember 2022 dan 1 Januari 2023. Dwikorita menyebut pada tanggal itu cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

"Dan semakin kuat tanggal 30 Desember semakin kuat, bahkan 1 Januari hampir menutupi seluruh wilayah Indonesia, peta Indonesianya hampir tidak terlihat, tertutup warna hijau tua pekat itu," ungkapnya.

Prakiraan Hujan pada 31 Desember dan 1 Januari
Melansir Instagram BMKG (@infoBMKG), untuk prediksi curah hujan pada tanggal 31 Desember 2022 sejumlah wilayah di Indonesia dengan intensitas sangat lebat. Wilayah tersebut menyeluruh dari Sumatera Utara hingga Papua.

"Untuk prediksi curah hujan harian tanggal 31 Desember 2022 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas sangat lebat ada di wilayah Sumatera Utara bagian tengah, Sumatera Barat bagian utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Papua Barat bagian tengah, dan Papua bagian tengah," tulis BMKG, Kamis (29/12/2022).

Untuk wilayah Jabodetabek, pada malam tahun baru 31 Desember 2022 diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Wilayah dengan hujan intensitas sedang itu ada di wilayah Bogor, Bekasi, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Sementara pada tanggal 1 Januari 2022, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas sangat lebat terjadi di pesisir timur Aceh, Sumatera Utara bagian selatan, Sumatera Barat bagian tengah, Jambi bagian barat, Sumatera Selatan bagian barat, Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur bagian timur, Bali, NTT, Kalimantan Barat bagian utara, Kalimantan Timur bagian utara, Sulawesi Selatan bagian barat.

Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek, prediksi pada tanggal 1 Januari 2023 akan ada hujan dengan intensitas ringan.


Kapan Hujan Ekstrem di Tahun Baru Berhenti?


Terkait kapan hujan ekstrem di tahun baru akan berhenti, Kepala BMKG melalui jumpa pers yang disiarkan di YouTube BMKG, Selasa (27/12/2022) mengatakan, cuaca ekstrem akan terus terjadi hingga 4 Januari 2023. Pada saat itu diprediksi cuaca masih terjadi di Jawa Barat hingga Sumatera.

"4 Januari mulai berkurang tapi masih tetap menutupi sebagian wilayah Sumatera dan laut Natuna dan juga wilayah Jawa Barat, Banten, masih dan juga wilayah Indonesia selatan Jawa Timur sampai Nusa Tenggara sampai Laut Arafura," ujarnya.

Lebih lanjut, Dwikorita memprediksi cuaca ekstrem akan berakhir pada 5 hingga 10 Januari 2023.

"Mulai mereda tanggal 5 hingga 10 Januari mulai berkurang, jadi ini gambaran sekilas kondisi cuaca akibat fenomena tadi ada monsun Asia, seruak udara dingin, dan aliran lintas ekuator," katanya.

Demikian penjelasan tentang apakah tahun baru hujan menurut analisis BMKG. Seperti diketahui, sepanjang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 diprediksi terjadi hujan dan diprediksi mulai berakhir pada 5-10 Januari 2023.


Baca artikel detiknews, "Apakah Tahun Baru Hujan? Simak Analisis Prakiraan Cuaca BMKG" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6487205/apakah-tahun-baru-hujan-simak-analisis-prakiraan-cuaca-bmkg.

BMKG Viral Cuaca Ekstrem Hujan Angin Kencang NESAT China Prediksi cuaca malam tahun baru tahun baru 2023 Analisis BMKG


Loading...