Berikut Rekomendasi Menu Bakar-Bakar Tahun Baru yang Nikmat

Berikut Rekomendasi Menu Bakar-Bakar Tahun Baru yang Nikmat
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 24 Desember 2022 12:20 WIB

Terasjabar.id -- Tak terasa menghitung hari kita akan meninggalkan tahun 2022 dan akan memasuki tahun baru 2023 dengan beragam perayaan. Perayaan malam tahun baru yang tepatnya pada 31 Desember 2022 merupakan sebuah perayaan yang dilakukan setiap tahun diberbagai negara terutama di Indonesia. Salah satu acara yang paling menarik saat malam tahun baru ialah berkumpul bersama dengan keluarga ataupun sahabat sembari melakukan BBQ (barbeque).

Nah, jika kamu ingin mengadakanya, pastinya kamu harus menyiapkan berberapa menu makanan BBQ yang akan dibakar. Apa saja sih rekomendasi menu makanan tahun baru yang dapat kamu bakar? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Ikan bakar kecap 

Ikan bakar kecap termasuk salah satu masakan yang proses pengolahannya minim. Meskipun minim bukan berarti rasanya juga minimalis ya. Asalkan menggunakan ikan yang masih segar, rasanya juga pasti akan nikmat dan lezat, walaupun bumbu yang digunakan tidak banyak.

Menu ikan bakar bumbu kecap ini didominasi dengan rasa asam manis dari jeruk nipis dan juga kecap manis. Bumbu kecap merupakan bumbu yang paling favorit dan enak untuk dipakai membakar ikan. Selain penyajiannya yang terbilang mudah, rasanya juga enak, manis, gurih serta pedas. 

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah, bawang putih dan juga garam. Lalu aduk-aduk dengan kecap manis dan juga air jeruk nipis sampai merata. 

2. Sosis

Menu BBQ yang tidak kalah favorit dan juga murah meriah yaitu sosis. Makanan yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki cita rasa yang enak dan juga nikmat. Untuk BBQ, pilihlah sosis yang mempunyai tekstur tebal, sehingga tidak mudah kering saat dibakar.

Hindari untuk memotong ataupun mengiris sosis, ya. Agar bumbu dan juga cairan yang ada di dalam sosis tidak keluar. Hal ini juga akan membuat tekstur serta rasa sosis tetap lezat.

3. Bakso bakar 

Rekomendasi menu selanjutnya yang bisa kamu coba ialah bakso bakar. Kamu mungkin sering sekali menjumpai menu yang satu ini pada jajanan kaki lima. Untuk rasanya, sudah tidak usah diragukan lagi karena memang lezat dan juga gurih. 

Kamu dapat menjadikan makanan yang satu ini sebagai menu camilan andalan favorit anak-anak sampai orang dewasa, lho. Jika kamu menyukai rasa pedas, maka kamu bisa menambahkan olesan saus sambal yang dicampur dengan saus tiram supaya lebih nikmat.

4. Ayam bakar 

Menu bakaran selanjutnya yang bisa kamu coba dirumah yaitu ayam bakar. Daging ayam merupakan salah satu menu wajib jika mengadakan pesta barbeque karena menjadi favorit banyak orang. Kamu dapat memanggang daging ayam secara langsung di atas alat pemanggang, ya.

Cara membuat ayam bakar sangatlah mudah! Pertama, kamu harus menyediakan ayam goreng lalu panaskan alat pemanggangnya. Bakar ayam menggunakan bumbu oles kecap ataupun saus sampai kecokelatan kering di kedua sisinya. 

5. Sate bakar

Jika kamu sedang tidak ingin menyantap daging yang masih utuh, maka kamu bisa membuat olahan sate. Sate atau satai merupakan salah satu hidangan yang terbuat dari daging yang sudah dipotong kecil-kecil lalu ditusuk pada tulang lidi ataupun bambu kemudian dibakar.

Sebelum dibakar, biasanya sate akan dicampurkan terlebih dahulu dengan berbagai macam bumbu seperti kecap, saus, garam, dan juga lada. Daging yang digunakan untuk membuat hidangan sate pun beraneka ragam misalnya seperti daging ayam, kambing, sapi, kelinci, ikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi menu bebakaran yang bisa kamu coba di rumah untuk menyambut tahun baru 2023. Semoga bermanfaat ya.

Disadur dari Suara.com 

BBQ Rekomendasi Menu Tahun Baru 2023


Loading...