Berikut Beberapa Tips Agar Tidur Malam Berkualitas

Berikut Beberapa Tips Agar Tidur Malam Berkualitas
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 20 Desember 2022 15:00 WIB

Terasjabar.id -- BANYAK orang mengalami susah tidur di malam hari, akibatnya mereka merasa lesu sat bekerja. Jadi gampang lelah, mudah tersinggung, dan tidak maksimal menjalani hari.

Efek negatif itu bisa dicegah dengan memastikan tidur malam secara berkualitas. Nah, di artikel ini akan menjelaskan 6 cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains. Dikutip dari laman Mental Floss, berikut ulasan selengkapnya.

 

1. Bikin kamar nyaman

Kamar tidur yang tertata rapi secara tidak langsung akan membuat mood Anda baik. Lain cerita kalau kamar Anda berantakan, tidak terawat, dan terkesan kotor, itu tentu akan membuat Anda tidak 'happy' untuk tidur.

Jika Anda menggunakan pendingin ruangan, sangat direkomendasikan untuk atur suhu sekitar 18 derajat celcius. Tapi ini akan sangat tergantung pada kenyamanan Anda.

Lalu, soal cat dinding disarankan pilih warna atau wallpaper yang membuat Anda rileks. Jauhkan barang elektronik dari dekat kasur Anda. Hal yang tidak kalah penting adalah gunakan bantal, guling, dan selimut yang nyaman dan tentunya bersih.

2. Jangan asal makan dan minum pada malam hari

Apa yang Anda makan dan minum di malam hari sangat menentukan juga kualitas tidur. Sangat disarankan untuk menjauhi alkohol sebelum tidur, karena alkohol terbukti menghambat siklus tidur Anda.

Disarankan juga untuk tidak makan dan minum sesaat sebelum tidur. Sebab, makan dan minum sebelum tidur akan membuat tubuh Anda aktif mencerna sementara tubuh sudah memberi sinyal untuk tidur, yang mana ini menyebabkan ketidakseimbangan siklus tubuh, yang berdampak pada kualitas tidur.

3. Berjemur di pagi hari

Urusan tidur yang berkualitas juga dipengaruhi oleh aktivitas Anda di pagi hari, lho. Ya, berjemur di pagi hari akan membawa Anda ke tidur yang berkualitas. Kenapa bisa?

Cahaya alami dari matahari menekan melatonin, sehingga beberapa paparan sinar matahari akan membantu Anda memulai hari dengan segar dan menghilangkan kantuk yang tersisa dari tidur. Mendapat paparan sinar matahari langsung juga membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari, yang mana ini akan membuat Anda lebih ingin segera tidur di malam harinya.

4. Olahraga di pagi hari

Jika Anda rutin pergi ke pusat olahraga atau gym, disarankan di pagi hari. Olahraga sebelum tidur dinilai tidak kondusif untuk mendapat tidur yang berkualitas. Itu kenapa direkomendasikan 'ngegym' di pagi hari, jangan malam hari.

Selain olahraga di gym, disarankan juga untuk tetap aktif bergerak di luar gym. Artinya, Anda juga harus sering bergerak dengan jalan kaki, memilih tangga dibanding lift, ataupun melakukan gerakan stretching.

5. Hindari ponsel menjelang tidur

Langkah simpel namun bermakna adalah jauhkan ponsel dari kasur tepat sebelum tidur. Paparan sinar biru yang dipancarkan ponsel membuat Anda terjaga. Jika Anda merasa ngantuk karena melihat ponsel sebelum tidur, itu bukan kantuk yang semestinya didapat.

Sebab, kantuk yang terjadi karena melihat ponsel sebelum tidur hanya membuat mata Anda lelah, bukan tubuh ingin tidur. Itu kenapa tidur yang dihasilkan kurang berkualitas.

So, itu dia 6 cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains. Langkah positif ini patut dicoba, sehingga Anda akan memiliki hari yang lebih baik dari sebelumnya.

Disadur dari Okezone.com 

Tidur Oalhraga Pola Makan berjemur


Loading...