Cara Mengeluarkan Lendir Kental di Tenggorokan yang Membandel, Cukup Minum Ini !

Cara Mengeluarkan Lendir Kental di Tenggorokan yang Membandel, Cukup Minum Ini !
Liputan6.com
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 16 Desember 2022 15:10 WIB

Terasjabar.id - Cara mengeluarkan lendir dengan cepat dan mudah kerap dicari oleh banyak orang untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Pun masyarakat harus mewaspadai kondisinya karena bisa termasuk gejala masalah pernapasan, seperti bronkitis ataupun iritasi.
Lendir diciptakan secara alami dari tubuh untuk menjebak debu atau mikroorganisme berbahaya yang terlanjur masuk melalui saluran udara. Akan tetapi, sekresinya yang berlebih dan sulit dihilangkan menyebabkan masalah lebih lanjut.

Oleh karena itu, beberapa cara berikut ini layak dilakukan untuk mengurangi produksi lendir dan menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Cara Mengeluarkan Lendir


Mengeluarkan lendir kental sebenarnya bukan perkara sulit. Kondisi tersebut bisa mereda selama beberapa hari asalkan pengidapnya konsisten melakukan cara di bawah ini:

1. Lemon dan Madu

Campuran jus lemon dan madu merupakan ramuan herbal yang paling cocok untuk mengentaskan cairan kental di tenggorokan. Sebab, keduanya bekerja sebagai ekspektoran alami karena kombinasi ajaib dari vitamin C dan anti oksidan. Selain itu, madu bersifat anti iritasi yang dapat melembabkan tenggorokan dan membantu meredakan batuk.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih, utamanya bersuhu hangat, bisa mengencerkan lendir kental dengan cepat. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga mempercepat proses penyembuhan dari iritasi tenggorokan ataupun flu.

3. Air Garam

Air garam tidak hanya berguna mengobati sakit gigi, namun juga mengeluarkan dahak berlebih di tenggorokan. Untuk menggunakannya, seseorang hanya perlu mencampurkan setengah sendok makan garam ke air putih biasa atau hangat. Kemudian, berkumurlah selama semenit dengan posisi kepala mendongak ke atas.

Cara tersebut sebaiknya dilakukan konsisten di pagi hari. Racikan air garam ini pun diketahui berguna untuk membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas.

4. Peppermint

Peppermint mengandung mentol sebagai minyak esensial alami untuk memperbaiki gejala seperti batuk, dahak, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, dan semua yang umum terjadi pada pilek dan flu.

Caranya cukup campurkan daun mint ke dalam minuman hangat seperti teh. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan khasiat mint dari permen pereda batuk di toko terdekat.

5. Kaldu Hangat

Selain menghangatkan badan, kuah kaldu bisa mengurangi produksi lendir di saluran napas karena menghambat migrasi sel neutrofil yang membuatnya bersifat anti inflamasi. Sebelum mengonsumsinya, pastikan kuah kaldu tidak dicampurkan dengan banyak minyak atau bahan lain yang dapat merangsang iritasi tenggorokan.

6. Uap hangat

Uap hangat telah terbukti ampuh mengencerkan dahak dan membuat napas jadi 'plong'. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat uap hangat, misalnya mandi dengan air hangat, menggunakan steam wajah, ataupun memakai obat gosok uap (vapor rub) yang diperkaya kandungan peppermint.

7. Jahe

Rempah yang cukup mudah ditemukan di dapur ini diklaim sebagai terapi obat pengencer dahak alami karena anti inflamasi dan anti bakteri. Caranya pun mudah, campurkan potong dua sampai tiga ruas jahe dan rebus dengan segelas air.

Pastikan ramuan tersebut sudah mendidih untuk melihat kematangannya. Kemudian, tunggu sebentar dan minum selagi hangat. Rebusan air jahe itu bisa ditambahkan dengan madu atau rempah lainnya.

8. Bawang Putih

Manfaat bawang putih agaknya tidak perlu diragukan lagi. Selain membuat rasa makan jadi sempurna, umbi-umbian ini bekerja layaknya ekspektoran alami di tubuh untuk membantu mengeluarkan lendir kental di tenggorokan.

Supaya lebih efektif, kunyah bawang putih yang telah dicuci bersih atau campurkan beberapa siung ke dalam sup kaldu.

Jika cara mengeluarkan lendir tersebut tidak juga menghasilkan efek yang diharapkan, masyarakat bisa menggunakan cara medis dengan menggunakan nasal spray dan obat oral pengencer dahak. Agar lebih efektif, konsultasikan masalah tersebut ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca artikel detikHealth, "8 Cara Mengeluarkan Lendir Kental di Tenggorokan dengan Cepat dan Mudah" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6464729/8-cara-mengeluarkan-lendir-kental-di-tenggorokan-dengan-cepat-dan-mudah.

Minuman Madu Lemon Campuran Madu Lemon Viral Tenggorokan Bronkitis iritasi Lendir Kental Tenggorokan


Loading...