Inilah 5 Jenis Buah Penambah Darah yang Bisa Kamu Coba!

 Inilah 5 Jenis Buah Penambah Darah yang Bisa Kamu Coba!
Ilustrasi (HappyFresh : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 15 Desember 2022 13:42 WIB

Terasjabar.id -- Di luar sana mungkin seseorang bisa saja mengalami anemia, dimana hal ini bisa disebabkan oleh sel darah merah yang terlalu sedikit. Hal ini pun lantas bisa menyebabkan pengantaran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh pun menjadi terganggu. 

Adapun gejala apabila seseorang mengalami gejala anemia ini seperti  lelah, sakit kepala, kulit pucat, tangan dan kaki dingin hingga sesak napas. Maka dari itu, kamu bisa mencukupi nutrisi guna membentuk sel darah merah. Selain sayuran dan daging, untuk mencegah anemia bisa dengan mengonsumsi buah-buahan, lho. 


Dikutip Mayo Clinic dari Hellosehat buah pun mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan penderita anemia untuk memproduksi sel darah merah. Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah lima jenis buah-buahan yang bisa untuk mencegah anemia.

1. Anggur

Buah anggur mengandung asam folat yang tinggi dan juga vitamin A. Vitamin A sendiri diketahui mempunyai peranan penting dalam pembentukkan sel darah merah. 

2. Wortel

Wortel juga menjadi buah yang kaya akan vitamin A dan vitamin A dalam bentuk retinol ini juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah serta mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

Supaya bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh kamu disarankan untuk mengonsumsi tiga wortel dalam ukuran besar minimal dua kali dalam seminggu. 

3. Stroberi

Buah kecil yang berwarna merah ini juga bisa menjadi penambah darah karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. 

Kemudian buah stroberi ini juga bisa membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.4. Semangka

Dalam buah semangka yang segar ini mengandung zat besi dan tentunya bermanfaat dalam meningkatkan sel darah merah. 

Kamu bisa menemukan sebanyak 1,5 gram zat besi pada satu potong semangka ukuran sedang dan kandungan vitamin C pada buah semangka ini juga dibutuhkan dalam penyerapan zat besi. 

5. Leci

Dalam satu buah leci terdapat hampir 7 mg vitamin C atau  7.5% dari kebutuhan harian. Kemudian selain vitamin C, leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mana baik bagi kesehatan otak, jantung dan pembuluh darah.

Demikianlah tadi beberapa jenis buah-buahan penambah darah yang bisa membantu untuk mencegah anemia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id 

Anemia Sel Darah Merah Buah - Buahan Kesehatan


Loading...