Berikut Beberapa Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Berikut Beberapa Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil (Suara Sukabumi : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 14 Desember 2022 14:54 WIB

Terasjabar.id -- Seperti yang kita ketahui, pada saat wanita sedang hamil maka ada banyak sekali hal yang menjadi pantangan dan larangan. Selain itu, ibu hamil juga diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam kesehariannya. Hal ini bertujuan agar kesehatan ibu dan janin lebih terjaga. Tak hanya menghindari aktivitas berat, ternyata ibu hamil juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang sekiranya bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Lalu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil? Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 4 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.


1. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu minuman yang sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Alkohol yang dikonsumsi meskipun hanya dalam jumlah sedikit, dapat berpotensi menggangu perkembangan janin. Tak hanya itu, konsekuensi lain yang bisa terjadi adalah mnimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti misalnya fetal alcohol syndrome. Dampak yang paling fatal dari alkohol adalah meningkatkan potensi keguguran.

2. Jeroan

Tak banyak orang yang tahu jika jeroan yang memiliki rasa lezat ini tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan oleh ibu hamil.

Ibu hamil sebaiknya menahan nafsunya untuk mengkonsumsi jeroan. Namun jika tak sanggup menahan nafsu dan benar-benar ingin memakannya, batas maksimal yang dianjurkan oleh dokter adalah seminggu sekali dengan porsi secukupunya saja.

Jika lebih dari itu maka harus siap untuk menanggung risikonya, karena terlalu banyak mengkonsumsi jeroan dapat menggangu pertumbuhan janin serta dapat menimbulkan gangguan hati pada ibu hamil.

3. Makanan laut  bermerkuri tinggi

Berbagai jenis ikan laut yang mengandung merkuri tinggi sangat berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil. Terlalu banyak kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan gangguan kesetan kepada ibu hamil beserta janinnya.

Merkuri dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan saraf, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan masalah yang dapat ditumbulkan merkuri bagi janin adalah gangguan pertumbuhan atau bahkan cacat fisik. Beberapa contoh ikan laut yang mengandung merkuri tinggi diantaranya adalah ikan todak, tenggiri, hiu, tuna, dan kerang.

4. Kafein

Kafein adalah suatu zat yang banyak terdapat dalam kopi dan coklat. Dikonsumsi dalam jumlah wajar memang boleh-boleh saja. Namun jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk bagi bumil dan janin. Kafein bisa mengganggu perkembangan janin dan bahkan berpotensi menyebabkan kguguran.

Disadur dari Suara.com 

Makanan Ibu Hamil Kesehatan


Loading...