Berikut Beberapa Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga

Berikut Beberapa Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 13 Desember 2022 12:15 WIB

Terasjabar.id -- Jahe adalah salah satu tanaman rempah yang biasa dijadikan sebagai bahan penyedap makanan. Nama latinnya adalah Zingiber officinale Rosc. Jahe memang dikenal memiliki manfaat yang menguntungkan. Karena rasanya yang terkesan pedas, jahe dianggap bisa memberikan efek yang menghangatkan pada tubuh. Tapi, sebenarnya manfaat jahe lebih dari itu. Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam jahe, di antaranya adalah lima yang dipaparkan berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Disadur oleh healthline.com, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan dan manusia, jahe berperan untuk menurunkan berat badan. Agar lebih efektif menyerap manfaat jahe yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi jahe lebih rutin lagi. Sering-seringlah juga konsumsi makanan yang bahan penyedapnya menyertakan jahe.

2. Secara Drastis Turunkan Gula Darah

Masih berdasarkan pada lansiran healthline.com, sebuah area penelitian yang relatif baru  menyatakan kalau jahe mungkin memiliki sifat anti-diabetes yang kuat. Dalam studi tahun 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari dapat menurunkan gula darah apabila disertai dengan puasa sebesar 12%.  Diabetes bukan penyakit yang bisa disepelekan, tapi jahe bisa bantu menyembuhkannya.

3. Melawan Kuman

Senyawa kimia tertentu dalam jahe segar dapat membantu tubuh menangkal kuman. Mereka juga dapat mencegah virus seperti RSV. Hal tersebut diungkapkan oleh webmd.com. Pada intinya, mengonsumsi jahe bisa membantu meningkatkan kekebalan sistem imunitas tubuh manusia karena kuman-kuman yang bisa sebabkan penyakit bisa ditangkal oleh rempah tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Poin ini juga dikutip dari webmd.com. Jahe bisa menjaga kesehatan mulut dan membuat senyum kita tetap cemerlang. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol dapat mencegah pertumbuhan bakteri mulut. Bakteri mulut ini merupakan bakteri yang sama dengan yang biasa menyebabkan penyakit periodontal alias penyakit gusi yang serius. 

5. Menenangkan Otot yang Sakit

Bukan tanpa alasan jahe digunakan sebagai campuran bahan pembuat jamu. Jahe memang tidak bisa menyembuhkan nyeri otot dalam sesaat, tapi ia bisa meredakannya seiring berjalan waktu. Dalam beberapa penelitian, orang yang mengalami nyeri otot setelah melakukan olahraga lalu mengonsumsi jahe mengalami lebih sedikit rasa sakit pada hari berikutnya dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Jahe manfaat Bahan Penyedap


Loading...