Berikut Beberapa Fitur MIUI 13 Paling Berguna di HP Xiaomi

Berikut Beberapa Fitur MIUI 13 Paling Berguna di HP Xiaomi
Ilustrasi (Suara.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Jumat, 9 Desember 2022 14:20 WIB

Terasjabar.id - MIUI 13 saat ini telah digunakan oleh sebagian besar perangkat Xiaomi. Antarmuka yang dapat dikustomisasi tersebut menawarkan beragam fitur menarik dan bermanfaat yang bisa digunakan. Di antaranya, ada beberapa fitur MIUI 13 paling berguna di HP Xiaomi yang wajib dicoba pengguna.

Dilansir dari Onsitego pada Jumat (9/12/2022), berikut ini sembilan fitur MIUI 13 paling berguna di HP Xiaomi:


1. Privasi yang ditingkatkan

Dengan MIUI 13, Xiaomi telah meningkatkan keamanan ekosistemnya. Perusahaan telah menerapkan proses verifikasi tiga langkah yang mencakup lapisan berikut ini:

  • Lapisan dasar: Facial Recognition
  • Watermark Reading Of User ID
  • Perlindungan penipuan elektronik

2. Desain UI yang disempurnakan

Xiaomi memperkenalkan desain UI yang diperbarui lewat MIUI 13. Ini mencakup pengalaman OS unik yang dicapai melalui widget, wallpaper dinamis baru, dan font baru bernama MiSans.

Font MiSans secara komersial gratis untuk diunduh dan merupakan font Sans Serif yang ditujukan untuk menyederhanakan huruf, angka, dan tanda. Xiaomi mengklaim bahwa MiSans simetris dalam hal spasi dan tampilan karakter, membuat keseluruhan tampilan perangkat lunak lebih estetis dan ramah pembaca.

3. Peningkatan performa

MIUI 13 ditujukan untuk meningkatkan fungsi inti perangkat. Fluiditas keseluruhan perangkat diklaim telah meningkat sebesar 52 persen. Fitur seperti Focused Algorithms, Liquid Storage, dan Atomized Memory juga meningkatkan daya tanggap dan fluiditas perangkat yang menjalankan MIUI 13.

Perangkat lunak baru ini juga berfokus pada pengoptimalan kemampuan komputasi dari aplikasi sistem inti selama penggunaan yang berat untuk memastikan kinerja yang optimal.

MIUI 13 juga dikatakan dapat mencegah dan mengurangi penurunan kemampuan baca-tulis melalui teknologi Atomized Memory dan Liquid Storage sebesar 5 persen selama periode 36 bulan, sehingga memperpanjang umur perangkat.

Ilustrasi MIUI. [Nikita Stefan/Unsplash]
Ilustrasi MIUI. [Nikita Stefan/Unsplash]

4. Mi Smart Hub untuk mengontrol produk ekosistem Mi Home

Mi Smart Hub saat ini diperkenalkan bersama MIUI 13. Mi Smart Hub ditujukan untuk memberikan pengalaman yang lebih terhubung antar perangkat pintar kepada pengguna. Pengguna dapat menemukan perangkat Xiaomi terdekat dengan gerakan sederhana untuk berbagi musik, foto, video, dan file media lainnya dengan lancar.

5. MIUI 13 untuk tablet, smartwatch, dan smart TV

Seperti disebutkan sebelumnya, MIUI 13 dimaksudkan untuk menyatukan seluruh ekosistem Xiaomi. Dengan tujuan itu, perusahaan juga meluncurkan MIUI Watch, MIUI Home, MIUI TV, dan MIUI untuk perangkat pintar Xiaomi.

6. Liquid Storage

Dengan MIUI 13 versi global, Xiaomi telah menghadirkan fitur Liquid Storage ke perangkatnya. Liquid Storage adalah metode tingkat sistem untuk mengelola cara file disimpan di perangkat.

Dalam laporan sebelumnya, setelah sekitar 36 bulan, kecepatan baca dan tulis berkurang hingga 50 persen karena banyak penulisan ulang yang dilakukan pada perangkat berkali-kali. Ini tentu mempengaruhi waktu pembukaan aplikasi. Liquid Storage pada MIUI 13 akan membantu perangkat mempertahankan hingga 95 persen kecepatan baca dan tulis bahkan setelah 36 bulan.

7. Atomized Memory

Dengan fitur Atomized Memory, MIUI 13 bermaksud menghadirkan efisiensi RAM yang lebih baik. Xiaomi mengklaim bahwa fitur Atomized Memory akan meningkatkan efisiensi RAM ke "tingkat baru". Fitur tersebut menganalisis cara aplikasi menggunakan memori dan menghentikan semua tugas yang tidak penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

8. Algoritma yang terfokus

MIUI 13 hadir dengan fitur Focused Algorithm baru, yang secara dinamis mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan use case. Ini pada dasarnya membantu untuk pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif.

Focused Algorithm memprioritaskan aplikasi yang aktif, yang memungkinkan CPU untuk fokus pada tugas-tugas penting dan memberikan kecepatan yang lebih cepat serta kinerja yang lebih baik.

9. Smart sidebar

MIUI 13 juga memiliki Smart Sidebar. Ini memungkinkan pengguna mengakses aplikasi favorit saat menjelajah tanpa harus meninggalkan aplikasi saat ini.

Fitur ini bisa menjadi penghemat waktu dan alat yang produktif bagi pengguna yang melakukan banyak multitasking di HP Xiaomi.

Fitur Sidebar di MIUI. (Screenshot/Xiaomiui)
Fitur Sidebar di MIUI. (Screenshot/Xiaomiui)

Dengan Smart Sidebar di MIUI 13, pengguna dapat menambahkan hingga 10 aplikasi, yang akan terbuka dalam mode floating window.

Setelah mengetahui fitur MIUI 13 paling berguna di HP Xiaomi, pengguna dapat mencoba salah satu fitur di atas untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan HP Xiaomi.

Disadur dari Suara.com 

MIUI 13 Xiaomi Fitur


Loading...