Berikut Beberapa Manfaat Baik Sayur Daun Genjer

Berikut Beberapa Manfaat Baik Sayur Daun Genjer
Ilustrasi Daun Genjer (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 6 Desember 2022 14:54 WIB

Terasjabar.id -- SAYUR genjer memang tidak sepopuler sayur lainnya seperti kangkung, bayam, atau sawi. Tapi, sayur genjer pun memiliki nilai gizi yang tidak kalah dari sayur-sayuran lainnya.

Daun genjer diketahui mengandung serat yang cukup tinggi. Genjer pun kaya akan berbagai kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu nutrisi tersebut adalah kalium atau potasium.



Perlu diketahui bahwa mineral tersebut memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Kandungan ini diketahui mampu memperlancar sistem pencernaan serta mencegahmu dari berbagai gangguan, seperti sembelit, diare, hingga radang usus.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat dari bernama latin bernama Limnocharis flava ini, seperti dilansir dari KlikDokter.



Mengatasi Sembelit

Sama seperti sayuran lainnya, genjer memiliki kandungan serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari sembelit. Nutrisi daun genjer juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan asupan energi yang diperlukan.

Menjaga Berat Badan

Selain itu, daun genjer juga dapat menjaga berat badan ideal, konsumsi daun genjer bisa menjadi pilihan. Kandungan serat di dalam genjer tidak hanya memperlancar saluran pencernaan, tapi juga dapat membuat lebih cepat kenyang dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Daun Genjer


Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat sayur genjer berikutnya adalah mengendalikan tekanan darah. Khasiat ini berasal dari kandungan kalium di dalam sayur genjer yang sangat tinggi. Kalium mampu mengontrol tekanan darah, sehingga kamu bisa terhindar dari hipertensi. Masalah dinding pembuluh darah dapat diatasi pula dengan makanan kaya kalium. Jika pembuluh darah tak terganggu, penyakit jantung bisa dicegah, apalagi ada tambahan antioksidan polifenol di dalam sayuran genjer.


Menangkal Radikal Bebas

Musuh dari radikal bebas si pengganggu kesehatan adalah antioksidan. Daun genjer juga mengandung beberapa jenis antioksidan, sehingga stres oksidatif dapat dicegah dan kerusakan sel tubuh bisa dihambat.


Sumber Energi

Asupan protein agar tubuh lebih bertenaga tak cuma bisa didapatkan dari produk hewani. Sayuran seperti daun genjer pun bisa menyumbang energi lewat protein dan karbohidratnya, sehingga kamu tak mudah merasa lelah.

Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Sebagai mineral yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung kedua gizi tersebut. Manfaat daun genjer bagi kesehatan adalah menyehatkan tulang dan gigi. Pasalnya, kalsium dan fosfor juga ada di dalam genjer. Konsumsilah sayur genjer dalam jumlah yang tepat agar gigi dan tulang kuat, serta terhindar dari osteoporosis.




Menyehatkan Kulit


Genjer mengandung air yang baik untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya. Lalu, antioksidan dari genjer juga akan membantu meningkatkan pertahanan kulit dari sinar ultraviolet penyebab penuaan dini.

Memelihara Fungsi Penglihatan

Manfaat daun genjer selanjutnya dapat dirasakan oleh organ mata. Senyawa karoten di dalamnya mampu memelihara fungsi penglihatan, sehingga rabun dan gangguan lainnya dapat dihambat.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C di dalam genjer dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tak mudah sakit. Selain itu, vitamin C mampu memicu pembentukan kolagen, membantu penyerapan zat besi, dan mempercepat penyembuhan luka.


Sumber Lemak Baik

Meski tak banyak, sayuran ini memiliki kandungan lemak baik. Lemak tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta mencegah penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Tertarik dengan manfaat genjer untuk kesehatan? Kamu dapat mengolahnya menjadi tumisan. Agar rasanya tidak terlalu pahit, pilihlah daun yang masih muda dan bentuk bunga agak kuncup.

Tapi, sebelum ditumis, ada baiknya kamu rendam dulu daun genjer di dalam air yang sudah diberikan garam. Remas-remas beberapa saat dan bilas lagi. Boleh juga merebus daun genjer sebentar sebelum ditumis untuk menghilangkan getahnya. Lalu, batasi konsumsinya agar tidak berlebihan, ya.



Disadur dari Okezone.com 

Sayur Genjer Manfaat Serat


Loading...