Susu Sapi, Kambing Atau Unta Mana yang Lebih Baik ? Berikut Head to Headnya !

Susu Sapi, Kambing Atau Unta Mana yang Lebih Baik ? Berikut Head to Headnya !
Okezone
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 6 Desember 2022 14:24 WIB

Terasjabar.id  Minum susu sudah menjadi kebiasaan sejumlah orang. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun bahkan juga mengonsumsinya.

Kecintaan banyak orang terhadap susu disebabkan karena minuman ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Mengutip Health Hub, khasiat yang bisa didapatkan oleh tubuh dari minum susu seperti menguatkan tulang, mendukung pertumbuhan otot, hingga memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis.

Selain susu sapi, banyak juga orang-orang yang mengonsumsi jenis susu lain seperti susu kambing ataupun unta.

Mana jenis susu yang terbaik di antara ketiganya? Untuk mengetahuinya, berikut adalah perbandingan nutrisi antara susu sapi dengan jenis susu lainnya berikut ini.

Susu sapi Vs susu kambing

Dilansir dari Mind Body Green, lantaran sama-sama berasal dari hewan, baik susu sapi maupun susu kambing mempunyai kandungan protein yang lengkap.

Dengan kata lain, kedua jenis susu ini mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk memproduksi energi, memperbaiki jaringan, dan pembentukan otot.

Susu sapi dan susu kambing juga tinggi kalsium. Dengan kandungan vitamin A dan D, serta mineral seperti magnesium, fosfor, dan potasium.

Dalam satu gelas susu sapi terkandung 149 kalori, sedangkan kandungan kalori dalam segelas susu kambing yakni 168.

Meski sama-sama tinggi kalsium, namun angka totalnya berbeda. Kandungan kalsium dalam susu sekitar 276 mg, sementara susu kambing lebih tinggi yakni 372 mg.

Selain kalori dan kalsium, perbandingan nutrisi antara susu sapi dengan kambing juga bisa dilihat melalui jumlah proteinnya. Susu kambing mengandung sekitar 8 gram dan susu sapi 7 gram.

Perbedaan di antara kedua jenis susu ini juga kandungan laktosa. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing mempunyai kandungan laktosa yang lebih rendah.

Hal tersebut membuat susu kambing lebih mudah untuk nutrisinya diserap oleh tubuh, yakni sekitar 30 menit, dibandingkan dengan susu sapi yang butuh waktu dua jam.

Susu sapi Vs susu unta

Susu unta mungkin tidak memiliki kepopuleran yang sama dengan susu sapi. Namun, bukan berarti susu unta kurang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, dalam kandungan kalori, protein, dan karbohidrat, susu unta sebanding dengan susu sapi utuh.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan susu sapi, kandungan lemak dalam susu unta lebih rendah.

Susu unta menawarkan lebih banyak vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, dan kalium.

Dalam 249 gram susu sapi terkandung 152 kalori, sementara pada setengah cangkir (120 ml) susu unta hanya ada 50 kalori.

Kandungan protein yang dimiliki oleh susu unta cukup kecil, hanya sekitar 5,4 gram saja. Sedangankan susu sapi proteinnya tinggi yakni 7 gram.

Walaupun jumlah protein yang dimiliki susu unta hanya sedikit, tapi kandungan karbohidratnya sama dengan susu sapi yaitu 11 gram.

Melansir WebMD, susu unta memiliki kelebihan yang mirip dengan air susu ibu (ASI). Sehingga susu ini juga bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan.

Misalnya saja alergi, jika mempunyai alergi terhadap susu sapi, susu unta bisa menjadi alternatifnya.

Pasalnya, susu unta memiliki protein yang berbeda daripada jenis susu lainnya, yang tidak memicu respon imun.

Tipe susu ini juga bisa membantu mengatasi alergi makanan lainnya pada anak-anak.

Tak hanya itu, minum susu unta juga membuat risiko diabetes menjadi lebih rendah.

Hal ini telah dipelajari oleh apra peneliti di India, dimana hasilnya disimpulkan bahwa orang-orang yang tidak mengalami diabetes kemungkinan besar mengonsumsi susu unta secara teratur.

Susu unta memberikan perlindungan terhadap diabetes dan mengurangi gejalanya dengan mengontrol gula darah, menurunkan kadar gula darah puasa, menurunkan resistensi insulin, dan kolesterol.(Sumber: Grid.id)

Susu Kambing Susu Sapi Susu Unta Viral Susu Terbaik


Loading...