FIFA Izinkan Timnas Indoensia Bermain di Stadion GBK Untuk Piala AFF 2022 Bulan Desember Nanti

FIFA Izinkan Timnas Indoensia Bermain di Stadion GBK Untuk Piala AFF 2022 Bulan Desember Nanti
Bola Kompas
Editor: Malda Sport Style —Rabu, 30 November 2022 15:37 WIB

Terasjabar.id - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya dipastikan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat beraksi di Piala AFF 2022. Kepastian itu setelah FIFA memberikan izin penggunaan SUGBK menjadi kandang Timnas Indonesia di turnamen sepakbola terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Kabar baik itu lantas disampaikan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. Menurut pemaparannya, FIFA sudah membolehkan SUGBK dipakai untuk pertandingan sepakbola.

"Iya betul (FIFA izinkan digunakan untuk Piala AFF)," ujar Yunus Nusi kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (30/11/2022).

Saat ini, FIFA pun telah memberikan surat elektronik kepada PSSI terkait penggunaan SUGBK. Namun FIFA telah melarang penggunaan SUGBK untuk digunakan pada agenda lain.

"Setelah konsultasi dengan FIFA Pitch Management kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda (di GBK) yang akan berlangsung," tulis FIFA dalam surat yang ditujukan untuk PSSI.

Seperti yang diketahui, SUGBK direncanakan bakal menjadi tempat untuk menggelar dua konser. Hal tersebut pun dilarang oleh FIFA karena dianggap bisa merusak kualitas rumput yang ada di SUGBK.

"Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan tentu akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," tambah FIFA.

Awalnya ada larangan SUGBK dipakai kegiatan apa pun karena nantinya stadion tersebut akan digunakan sebagai salah satu venue untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Karena itu, SUGBK terus dipersiapkan supaya dapat menggelar turnamen tersebut secara maksimal.

Piala AFF 2022 sendiri akan dilangsungkan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

(Sumber: Okezone.com)

Timnas gelora Bung karno Stadion SUGBK PSSI AFF Piala AFF 2022


Loading...