Berikut Beberapa Tips Menahan Emosi Ketika Marah

Berikut Beberapa Tips Menahan Emosi Ketika Marah
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 28 November 2022 15:52 WIB

Terasjabar.id -- Amarah merupakan sikap yang pasti dimiliki semua orang. Amarah bisa timbul karena adanya penyebab yang melatarbelakangi seperti ada orang yang melakukan kesalahan dan lain sebagainya. Namun, meskipun wajar, mengekspresikan amarah secara sembarangan pun dapat membawa dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Saat amarah muncul, maka akan sulit bagi seseorang untuk berpikir jernih serta mengendalikan dirinya sendiri. Sementara, saat orang merasa marah yang ada hanyalah pikiran negatif. Sehingga penting untuk melatih kesabaran guna mengendalikan amarah tersebut agar tidak merusak diri sendiri maupun orang lain.


Nah, berikut ini adalah 4 hal yang bisa kamu lakukan saat amarah tiba-tiba merasuki pikiranmu!

 1. Diam

Saat marah, seseorang bisa berbicara apa saja tanpa kontrol dan tanpa tendeng aling-aling. Ketika sadar, banyak orang akan menyesal telah mengatakan hal tersebut.

Jadi, akan lebih baik saat amarah menguasai diri, kamu diam saja dan menahannya. Lalu, kamu dapat mengekspresikan amarahmu ketika kamu telah benar-benar tenang dan mampu berpikir dengan baik.

 2. Lakukan aktivitas fisik 

Aktivitas fisik dapat mengalihkan rasa amarah yang kamu alami. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, namun kamu bisa berjalan, mengambil minuman, dan lain sebagainya.


Dengan begitu, maka pikiranmu akan teralihkan dan amarahmu semakin lama akan semakin mereda. Hal yang terpenting adalah jauhi sumber amarahmu untuk sementara waktu.

 3. Alihkan pikiran

Selanjutnya, kamu bisa mencoba mengalihkan pikiranmu dengan mengerjakan tugas atau pekerjaanmu. Kamu juga bisa menonton video lucu atau film.

Hal tersebut bisa membuatmu melupakan segala emosimu beberapa waktu yang lalu. Kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi amarah di dalam dirimu.

 4. Lakukan relaksasi

Terakhir, kamu bisa meredam amarahmu sendiri dengan melakukan relaksasi. Kamu tidak perlu langsung melakukan yoga jika amarahmu sedang muncul di tempat umum.

Sebaiknya kamu meredam amarahmu dengan mendengarkan lagu yang menenangkan. Selain itu, kamu juga bisa membaca buku atau mencoba menulis jurnal.

Amarah yang berlebihan hanya akan merugikanmu bahkan bisa mempermalukan dirimu sendiri di depan orang lain. Jadi, yuk coba belajar bersabar dalam menghadapi berbagai situasi!



Disadur dari Suara.com 

Amarah Pikiran Kesalahan


Loading...