Berikut Beberapa Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Hidup

Berikut Beberapa Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Hidup
Ilustrasi (Qubisa : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 28 November 2022 15:28 WIB

Terasjabar.id -- Sering kali kita menyebut kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, namun tahukah kamu apa sesungguhnya kreativitas itu Menurut John Kounios, Ph.D., seorang profesor ilmu psikologi di Drexel University, kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan sesuatu atau objek yang baru yang berguna sesuai dengan situasi atau tujuan tertentu.

Orang yang tinggi kreativitas biasanya memiliki ide-ide cemerlang untuk menghasilkan hal yang tidak biasa. Tidak hanya dalam bidang seni, kreativitas juga bisa digunakan di bidang bisnis atau hukum, seperti kreativitas dalam pemecahan masalah ataupun kreativitas dalam melakukan perubahan dan menciptakan inovasi.

Menurut James C. Kaufman, seorang profesor psikologi pendidikan di University of Connecticut dalam Prevention menerangkan, setidaknya ada beberapa cara meningkatkan kreativitas, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengasah kinerja otak

Asah kinerja otak dengan melakukan aktivitas yang bisa merangsang kemampuan otak seperti menyelesaikan puzzle, membaca buku misteri pembunuhan, atau membaca buku detektif. Beberapa hal tersebut bisa merangsang otak untuk berpikir dan menambah luas wawasan.

2. Mencari suasana baru di luar ruangan

Hanya berada di dalam ruangan memang terkadang membuat kita menjadi bosan dan suntuk, untuk itu agar bisa meningkatkan kreativitas, pergi ke luar ruangan terbuka dan sejuk dapat membantu memperluas perhatian anda serta memberikan pengalaman lain.

3. Mencoba sesuatu yang baru

Mencoba sesuatu yang baru yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya dapat meningkatkan kreativitas. Seperti menjelajah tempat yang belum pernah anda kunjungi atau sekadar mencoba tempat makan baru juga bisa mengubah perspektif yang dapat meningkatkan kreativitas.

4. Terapkan batasan

Terkadang sesuatu yang terbatas bisa membuat orang berpikir jauh lebih kreatif, Fratantoni, Ph.D., ahli saraf kognitif di University of Texas menyebutkan, jika ada sekelompok penyair yang diberi tugas untuk membuat puisi hanya dengan beberapa kata, maka akan dihasilkan sebuah hal baru yang unik karena keterbatasan dari jumlah kata puisi tersebut, dibanding dengan penyair lain yang ditugaskan membuat puisi dengan kalimat normal seperti biasanya.

Itu tadi cara meningkatkan kreativitas agar otak anda bisa berpikir jauh lebih kreatif. Dengan cara-cara tersebut, anda bisa menciptakan hal yang belum pernah anda buat sebelumnya dengan cara yang unik. Jangan ragu untuk mencoba karena anda tidak akan pernah tahu sebelum melakukannya, selamat berkreasi ya!

Disadur dari Suara.com 

Kreativitas Cara Meningkatkan University of Connecticut


Loading...