Ikan Aneh Penghuni Laut Dalam ! Ada yang Memiliki Dua Kelamin !

Ikan Aneh Penghuni Laut Dalam ! Ada yang Memiliki Dua Kelamin !
Ikan kadal sirip tinggi yang memiliki ovarium dan testis secara bersamaan. Foto: Museums Victoria Research Institute
Editor: Malda Hot News —Jumat, 25 November 2022 11:19 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah makhluk aneh penghuni laut dalam untuk pertama kalinya ditemukan dekat gunung berapi bawah laut di bagian terpencil Samudera Hindia.
Ilmuwan dari Museums Victoria Research Institute di Australia terkejut menemukan ikan mirip kelelawar, belut buta, dan ikan kadal dengan deretan gigi setajam silet.

Mereka ditemukan selama ekspedisi ke Taman Laut Kepulauan Cocos Austalia yang terpencil, seluas 467.054 kilometer persegi, sekitar 2.750 km barat laut Perth, di sebelah barat Australia. Dua atol karang di wilayah ini terdiri dari 27 pulau kecil dengan pantai berpasir putih, pohon palem, dan laguna.

Tim mengumpulkan sampel dari kedalaman lebih dari 4 km dan mensurvei kehidupan laut dalam yang sebelumnya tidak diketahui. Mereka menemukan ikan kadal bersirip tinggi, yang memiliki ovarium dan testis secara bersamaan. Juga, ditemukan ikan pipih yang matanya berada di satu sisi kepalanya untuk mempertahankan penglihatan saat berbaring di dasar laut.

Hewan aneh
ikan pipih yang matanya berada di satu sisi kepalanya untuk mempertahankan penglihatan saat berbaring di dasar laut. Foto: Museums Victoria Research Institute


Selain itu, ada batfish atau ikan kelelawar laut dalam yang menggunakan sirip seperti lengan untuk merangkak di dasar laut, dan Viperfish Sloane yang memiliki jejak bercahaya sepanjang perutnya.

"Ikan adalah fashionista laut dalam yang menonjol," kata kepala ilmuwan ekspedisi Tim O'Hara dari Museum Victoria Research Institute.

"Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan organ berahaya, mata besar atau bahkan seperti tidak memiliki mata. Setiap spesies beradaptasi dengan luar biasa dengan lingkungan laut dalam yang ekstrem," ujarnya.

Hewan aneh
Ikan kadal sirip tinggi yang memiliki ovarium dan testis secara bersamaan. Foto: Museums Victoria Research Institute

Para peneliti juga membuat gambar tiga dimensi yang mendetail dari gunung besar di bawah pulau. "Sungguh suatu kehormatan untuk bisa melihat, untuk pertama kalinya, fitur-fitur menakjubkan ini terungkap dari dalam," kata Nelson Kuna, salah satu dari dua surveyor hidrografi di atas kapal.

Baca artikel detikinet, "Makhluk Aneh Ditemukan di Laut Dalam Dekat Gunung Berapi" selengkapnya https://inet.detik.com/science/d-6425519/makhluk-aneh-ditemukan-di-laut-dalam-dekat-gunung-berapi.


Ikan Aneh Museums Victoria Research Institute Australia Ikan kadal Ikan Gigi Tajam


Loading...