Presiden Jokowi Minta Untuk Fokuskan Pencarian dan Evakuasi 39 Orang yang Hilang Pasca Gempa Cianjur

Presiden Jokowi Minta Untuk Fokuskan Pencarian dan Evakuasi 39 Orang yang Hilang Pasca Gempa Cianjur
Detik.com
Editor: Malda Hot News —Kamis, 24 November 2022 11:13 WIB

Terasjabar.id -- Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya untuk memprioritaskan evakuasi setelah 39 orang hilang pasca gempa Cianjur, Jawa Barat.
Jokowi mengatakan tim pencarian akan berfokus melakukan evakuasi di Desa Cijedil. Ia meninjau lokasi itu untuk memastikan evakuasi berjalan baik.

"Proses evakuasi menjadi proritas, kita konsentrasi dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," kata Jokowi di Cianjur, Kamis (24/11).

Jokowi mengakui ada sejumlah kendala dalam proses evakuasi. Hal itu membuat tim belum bisa menemukan 39 orang yang hilang.

Dia menyebut kondisi tanah curam, hujan, gempa susulan, dan tanah yang labil menjadi hambatan dalam proses evakuasi. Meski demikian, ia memastikan pencarian tetap dilakukan.


"Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill sehingga bisa semuanya dikerjakan," ujar Jokowi.

Sebanyak 956 rumah rusak dan 271 orang meninggal dunia akibat gempa Cianjur. Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Sukabumi pada Senin (21/11).

Selain itu, saat berkunjung ke Cianjur, Joko Widodo juga menemukan warga korban gempa Cianjur mengalami kekurangan tenda dan persediaan air.

"Termasuk kekurangan tenda. Tadi ada juga keluhan air juga karena ini titiknya banyak sehingga butuh waktu untuk distribusi," kata Jokowi.

Jokowi memerintahkan anak buahnya untuk mendistribusikan bantuan ke sejumlah lokasi gempa Cianjur. Ia ingin korban gempa segera mendapat bantuan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia imbas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 271 orang hingga Rabu (23/11).

Baca artikel CNN Indonesia "39 Orang Hilang, Jokowi Minta Evakuasi Korban Gempa Diprioritaskan" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221124103627-20-878045/39-orang-hilang-jokowi-minta-evakuasi-korban-gempa-diprioritaskan.

Gempa Jabar Cianjur gempa Bumi Jakarta Gempa Bandung Gempa Cimahi Gempa Lokasi gempa Viral Presiden Jokowi Viral


Loading...