Berikut Beberapa Tips Menyimpan Tomat agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Busuk

Berikut Beberapa Tips Menyimpan Tomat agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Busuk
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 22 November 2022 15:00 WIB

Terasjabar.id -- Terkadang, kita sering kesusahan untuk menyimpan beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran yang digunakan untuk stok bahan makanan di rumah. Salah satunya adalah tomat. Tumbuhan yang masih diperdebatkan jenisnya masuk sayuran atau buah ini cukup susah untuk menyimpannya agar tetap segar.

Padahal, tomat merupakan komponen penting dalam sebuah masakan, khususnya masakan Indonesia. Sambel kurang lengkap jika tanpa tomat, salad pun juga kurang nikmat tanpa tomat. Mau tidak mau kita wajib memasukkan tomat ke dalam daftar belanja bulanan. Otomatis, pembelian jumlah banyak pun harus dilakukan.

Lantas, bagaimana cara menyimpan tomat agar awet dan tidak mudah busuk? Berikut adalah tips menyimpan tomat agar tetap awet dan tidak mudah busuk.

1. Simpan dalam Plastik Kedap Udara

Menyimpan tomat ke dalam plastik dan diikat dengan rapat, sehingga tidak ada udara yang masuk efektif untuk menyimpan tomat agar lebih tahan lama. Jangan lupa masukkan ke dalam lemari es agar lebih awet lagi.

2. Pilih Tomat yang Masih Memiliki Tangkai Berwarna Hijau

Tomat yang masih memiliki tangkai berwarna hijau bisa bertahan dalam suhu ruangan untuk beberapa hari. Tangkai tomat yang masih berwarna hijau menandakan buah masih segar dan masih bisa bertahan lama.

3. Menutup Ujung Tomat Menggunakan Isolasi

Jika kita sulit mendapatkan tomat yang memiliki batang berwarna hijau, bisa kita gunakan metode menutup ujung tomat yang sudah dikupas dengan menggunakan isolasi.

Menutup ujung tomat menggunakan isolasi mampu penghambat buah tomat dalam proses penuaan, sehingga tomat tidak mudah menua dan akhirnya busuk.

4. Lap Permukaan Kulit Tomat Sebelum Dimasukkan Lemari Es

Permukaan kulit tomat yang basah akan mengundang tumbuhnya jamur yang akan mempercepat proses pembusukan. Lap seluruh permukaan kulit tomat menggunakan tisu atau kain sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

5. Bekukan Tomat di Frezer

Membekukan tomat di dalam freezer juga mampu untuk membuat tomat menjadi lebih awet. Kita bisa menggunakan kembali tomat yang sudah dibekukan dengan merendam terlebih dahulu tomat ke dalam air hangat.

Kelemahan dari proses penyimpanan ini adalah membuat tomat tidak segar lagi dan tidak bisa digunakan untuk isian roti lapis.

Namun, tomat beku ini bisa digunakan untuk membuat saus tomat atau masakan dengan bahan baku tomat yang dihancurkan seperti sambal tomat.

Itulah tips menyimpan tomat agar tetap awet dan tidak mudah busuk. Semoga dengan tips ini, kita bisa lebih awet dalam menyimpan tomat di rumah.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Tomat Sayuran Tips Menyimpan


Loading...