Berikut Beberapa Tips Mengatur Keuangan agar Pemasukan Tidak Ludes Sehabis Gajian

Berikut Beberapa Tips Mengatur Keuangan agar Pemasukan Tidak Ludes Sehabis Gajian
Ilustrasi (iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 21 November 2022 14:28 WIB

Terasjabar.id -- Setiap pekerja memiliki siklus gajian yang berbeda. Ada yang dibayar perhari, perminggu, perbulan, atau bahkan dalam beberapa bulan sekali. Nah, kondisi ini sering kali membuat seseorang kesulitan untuk mengatur keuangan agar pemasukan cukup digunakan sampai datang waktu gajian berikutnya.

Cara mengatur keuangan ini sebenarnya tidak sulit bila kamu mengerti triknya. Hal yang paling penting adalah kemauan untuk hidup hemat dan tidak bergaya hidup hedon. Nah, berikut adalah 4 tips yang dapat kamu coba terapkan untuk membuat pemasukanmu bakal cukup sampai waktu gajian berikutnya!


 1. Tentukan pengeluaran maksimal harian

Setelah gajian, mungkin kamu akan merasa menjadi orang terkaya di dunia hingga membuatmu kalap dalam menghabiskan uang. Hal tersebut adalah hal yang harus banget dihindari. 

Sebaiknya, kamu menentukan pengeluaran maksimal dalam sehari. Tentukan kira-kira berapa jumlah maksimal uang yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhanmu dalam sehari tersebut.

 2. Buat list belanja hal yang penting saja

Saat berbelanja ke supermarket atau mall, maka jangan sampai kamu melakukannya tanpa persiapan. Karena akan berakibat pada pemborosan ketika kamu membeli barang-barang yang mungkin saja sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Jadi, jangan sampai kamu pergi berbelanja tanpa membawa list belanjaan yang penting di tanganmu. Ingat hanya belilah hal yang ada di dalam list belanjamu.

 3. Jangan meminjam uang untuk membeli barang yang tidak mendesak

Kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa orang adalah meminjam uang untuk membeli barang yang tidak mendesak serta tidak memiliki daya jual.

Akibatnya, hutang akan menumpuk dan menghabiskan gajimu bulan depan. Sebaiknya kamu tidak berhutang jika tidak benar-benar membutuhkannya ya!

 4. Bagi uang gajian ke dalam beberapa kategori

Jangan campurkan seluruh uang gajianmu ke dalam satu dompet. Sebaiknya, kamu memisahkannya dan membuat beberapa kategori untuknya.

Kamu bisa mengambil 30 persen dari gajimu untuk ditabung. 20 persen untuk dana darurat dan 50 persen untuk memenuhi kebutuhanmu dalam sebulan.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatur keuangan. Orang yang bahagia bukanlah orang yang hidup dengan kemewahan, namun orang yang bahagia adalah orang yang mampu hidup sesuai dengan kadar kemampuannya sehingga hidupnya akan merasa tenang. Selamat mencoba!

Disadur dari Suara.com 

Uang Menyimpan Gajian


Loading...