Berikut Beberapa Cara Mengobati Kepribadian Ganda

Berikut Beberapa Cara Mengobati Kepribadian Ganda
Ilustrasi (Sehatq : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 19 November 2022 15:38 WIB

Terasjabar.id - Pelaku video kebaya merah, AH mengaku bahwa apa yang telah dia lakukan bersama rekan-rekannya salah satunya dipengaruhi oleh masalah kepribadian ganda yang dimilikinya.

Pada satu waktu selama interogasi, ia bahkan sempat mengubah namanya dengan cepat sekaligus berganti kepribadian. Lantas, apakah kondisi ini bisa diobati?


Cara Mengatasi Kepribadian Ganda

Dilansir dari laman Alodoc, berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kepribadian ganda.

Terapi

Psikoterapi adalah cara paling efektif untuk mengatasi gangguan kepribadian ganda. Salah satu hal yang sulit dilakukan mungkin adalah bagaimana Anda menyadari bahwa Anda membutuhkannya

Ajaklah teman terdekat Anda atau coba konsultasi secara online terlebih dahulu untuk mengatasinya.

Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa melengkapi psikoterapi dengan hipnoterapi. Ini akan memulihkan ingatan yang tertekan dan mengistirahatkan beberapa kepribadian Anda.

Menata hidup Anda

Gangguan kepribadian ganda kerap membuat Anda kewalahan karena Anda sulit fokus akan suatu hal. Oleh karena itu, cobalah untuk mengorganisir berbagai hal yang akan Anda lakukan.

Langkah awal dapat Anda lakukan dengan merencanakan aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan selama seharian.Contohnya, kapan akan pergi berobat, minum obat, atau menelepon seseorang.

Ketahui pemicu Anda

Cara mengobati kepribadian ganda selanjutnya adalah dengan mengetahui pemicunya. Biasanya akan ada satu hal yang membuat Anda beralih dari satu kepribadian ke kepribadian lainnya. Pemicu bisa berupa tindakan negatif atau positif.

Dengan mengetahui pemicu tersebut, Anda bisa mencoba menghindarinya sehingga kepribadian ganda bisa terhindarkan.

Ilustrasi kepribadian ganda (Pexels/Maddy Freddie)
Ilustrasi kepribadian ganda (Pexels/Maddy Freddie)

Bersikap lebih santai

Hidup dengan masalah kesehatan mental akan terasa melelahkan. Jadi, jangan ragu untuk memberikan waktu istirahat lebih untuk diri Anda. Berikut beberapa kegiatan yang bisa membantu Anda lebih rileks.

  • Mendengarkan musik
  • Bermain dengan hewan peliharaan
  • Menggambar
  • Membaca
  • Cintai diri sendiri

Kepribadian ganda diderita oleh jutaan orang di dunia. Jadi, jangan merasa malu jika Anda memilikinya.

Sebaliknya, berilah cinta yang lebih pada diri Anda sendiri. Menyayangi diri sendiri akan membantu Anda mengatasi stres, cemas, hingga depresi.

Dengan cara ini, Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya tanpa menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang bukan salah Anda.

Meski ada beberapa cara di atas yang bisa Anda lakukan sendiri, jelas jauh lebih baik untuk selalu berkonsultasi pada dokter Anda terkait masalah gangguan kepribadian. Dengan berkonsultasi rutin, Anda akan mengetahui sejauh mana perkembangan diri Anda dalam menghadapi kondisi tersebut.

Disadur dari Suara.com 

Kepribadian Ganda Terapi Cara Mengatasi


Loading...