Ibu Hamil Ngidam Harus Dituruti Atau Tidak ? Kamu Bertanya Tanya kan !

Ibu Hamil Ngidam Harus Dituruti Atau Tidak ? Kamu Bertanya Tanya kan !
Orami
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 19 November 2022 10:46 WIB

Terasjabar.id - Mengidam merupakan hal yang umum terjadi pada wanita hamil. Mengidam ditandai dengan keinginan atau hasrat kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu. 

Mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan, ketika ibu hamil mengidam, yang menginginkan makanan tersebut adalah bayi yang berada di dalam kandungan, bukan sang ibu.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan medis yang bisa dijadikan pegangan soal fenomena mengidam. Namun, sejumlah ahli mengatakan, ibu hamil mengidam karena perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh sehingga membuat indra penciumannya lebih sensitif.

Ada pula sejumlah faktor lain yang menyebabkan ibu hamil mengidam. Berikut tiga di antaranya.

1. Kekurangan Nutrisi

Ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi sehingga timbul dorongan kuat untuk mengonsumsi suatu makanan tertentu.

Ketika ibu hamil mengidam makanan berbahan dasar daging, maka itu pertanda ibu tubuhnya kekurangan protein, kalium, atau natrium. 

Jadi yang sebenarnya ibu hamil inginkan bukan makanannya, melainkan karena dorongan kebutuhan tubuhnya.

2. Perubahan Hormon

Teori ini menjelaskan bahwa seorang ibu mengidam karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuhnya, salah satunya adalah meningkatnya kadar progesteron. 

Perubahan hormon ini bisa mengakibatkan peningkatan produksi air liur pada ibu hamil, sehingga ibu hamil sering meludah dan muncul rasa logam pada mulutnya.

Hal ini pun diduga menjadi penyebab ibu hamil mengonsumsi makan yang sebelumnya tidak disukai.

3. Perubahan Pola Makan

Teori ini mengatakan bahwa ibu hamil yang mengidam disebabkan perubahan pola makan. Sebelum hamil, dia masih bisa mengonsumsi makanan-makanan yang digemarinya. Namun, ketika sudah mengandung, makanan-makanan itu tidak boleh lagi dikonsumsinya.

Sebagai gantinya, ibu hamil memilih jenis makanan atau minuman yang memiliki kandungan yang lebih sehat, namun rasa dan teksturnya mirip dengan makanan kesukaannya. Inilah yang menyebabkan dia menginginkan makanan tertentu kemudian disebut sedang mengidam.

Cara Menyikapinya

Mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan, wanita hamil yang mengidam harus dituruti kemauannya karena jika tidak maka anaknya nanti akan mengeluarkan air liur terus-menerus.

Namun, secara medis, wanita hamil yang mengidam tidak harus selalu dituruti kemauannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Batasi Makanan yang Berlemak

Pada saat wanita hamil mengidam makanan yang berkalori dan berlemak tinggi seperti coklat, es krim, dll., jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Makanan yang biasanya dilarang dikonsumsi ibu hamil di antaranya daging, seafood atau telur yang tidak matang sempurna, susu, dan produk olahannya yang tidak dipasteurisasi, serta alkohol.

Jika wanita hamil menginginkan makanan tidak sehat, maka kita bisa menyiasatinya dengan menggantinya dengan makanan tekstur dan rasanya mirip namun lebih sehat.

  1. Jika ibu hamil mengidam donat atau roti manis, maka bisa menggantinya dengan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  2. Jika ibu hamil mengidam keripik kentang, ibu bisa menggantinya dengan popcorn yang diolah tanpa mentega atau bisa juga mengkonsumsi kentang panggang.
  3. Jika ibu hamil mengidam minuman bersoda, ibu bisa menggantinya dengan jus buah segar tanpa menambahkan pemanis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai fenomena mengidam pada ibu hamil. (Sherly Enjelina)***

(Sumber: PikiranRakyat.com)

Wanita Hamil Viral Ngidam Ibu Hamil Medis Penciuman Hormonal Ngidam


Loading...