RESEP Membuat Putu Ayu dari Ubi Ungu, Pas Untuk Temani Pagi dan Sore Kalian Agar Lebih Berwarna !

RESEP Membuat Putu Ayu dari Ubi Ungu, Pas Untuk Temani Pagi dan Sore Kalian Agar Lebih Berwarna !
Cookpad.com
Editor: Malda Kuliner —Jumat, 18 November 2022 09:52 WIB

Terasjabar.id - Ubi ungu mengandung banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari vitamin hingga antioksidan. Rasanya yang manis membuat ubi ungu kerap dijadikan bahan dasar pembuatan kue.

Salah satu kue yang bisa dibuat dari ubi ungu adalah putu ayu. Kue lembut yang identik dengan topping kelapa parut dan bentuk yang cantik ini terkenal sangat lezat. Apalagi jika dipadukan dengan manisnya ubi ungu.

Kalau kamu bosan putu ayu yang pandan, kamu wajib mengikuti cara membuat putu ayu ubi ungu yang lembut berikut ini. Cocok banget dijadikan teman minum kopi.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan


Bahan putu ayu:

  • 150 gram ubi ungu
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 150 ml santan sedang
  • 1 sdt ovalet
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 1 tetes pewarna ungu
  • minyak goreng secukupnya

Bahan topping:

  • 1/2 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • garam secukupnya

2. Mikser tepung terigu bersama bahan lainnya


Kukus ubi ungu hingga empuk terlebih dahulu. Jika sudah, haluskan ubi ungu menggunakan garpu atau lainnya, lalu sisihkan terlebih dahulu.

Setelah itu, campurkan telur, gula pasir, garam, dan ovalet ke dalam wadah. Kocok semua bahan tersebut hingga lembut menggunakan whisk atau mikser. Masukan sedikit demi sedikit tepung terigu, santan, ubi ungu halus, dan setetes pewarna ungu.

Selanjutnya, aduk-aduk dan campurkan sampai semua bahan adonan tercampur dan berubah warna. Sisihkan sebentar.


3. Parut dan kukus kelapa


Siapkan setengah butir kelapa segar. Kupas kulit arinya sampai benar-benar bersih, lalu parut daging kelapanya.

Selanjutnya, kukus kelapa yang telah diparut selama 15-30 menitan. Kalau sudah, seera angkat dan campurkan dengan sejumput garam juga daun pandan. Diamkan dan sisihkan terlebih dahulu.

4. Kukus kue putu ayu hingga matang


Ambil cetakan putu ayu, lalu olesi dengan minyak goreng supaya tidak lengket. Masukan sedikit parutan kelapanya terlebih dahulu. Tekan-tekan dan ratakan sampai padat.

Setelah itu, tuang adonan, lalu isi sampai memenuhi cetakan. Ulangi sampai selesai. Jika sudah, kukus semua putu ayu dengan api sedang selama 20 menit.

5. Putu ayu siap dinikmati


Apabila sudah lebih dari 20 menit, keluarkan kue putu ayu ubi ungu dari panci kukusan. Kemudian, biarkan dingin terlebih dahulu lalu keluarkan dari cetakannya.

Selanjutnya, nikmati kue putu ayu ubi ungu sebagai teman minum kopi atau teh. Rasanya yang manis legit serta teksturnya yang lembut tentu sangat menggoda.

Cara membuat kue putu ayu ubi ungu di atas bisa kamu coba dan jangan takut gagal. Jika kamu mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, kue putu buatanmu akan lebih cantik dan lezat. Cocok banget buat teman minum kopi saat santai sore hari.

(Sumber: IDN Times) 

Ubi Ungu Viral Rasa Manis Putu Ayu Cara Membuat Putu Ayu Ubi Ungu


Loading...