Berikut Beberapa Tanda Kamu Butuh Konsultasi ke Psikolog

Berikut Beberapa Tanda Kamu Butuh Konsultasi ke Psikolog
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 16 November 2022 13:36 WIB

Terasjabar.id -- Tentu kita semua sepakat kalau setiap orang punya masalah hidup. Berbagai jenis masalah yang bisa datang kapan dan di mana saja. Entah itu masalah besar maupun kecil, serta masalah bagi diri sendiri maupun masalah pada orang lain. 

Namun dengan kerapnya terjadi masalah pada kehidupan kita, bukan berarti kita harus tinggal diam dan mendiamkan masalah itu, karena masalah bukan untuk didiamkan, melainkan untuk dicarikan solusi supaya tidak makin membengkak. Jangan sampai masalah menjadi penghalang untuk tidak bisa menjadi orang sukses dan bermanfaat dalam menjalani kehidupan ini. 

Biasanya berawal dari masalah sehari-hari pun justru yang mungkin membutuhkan untuk konsultasi ke psikolog. Mengutip dari akun instagram @mudahbergaul, berikut setidaknya ada empat tanda kalau kamu butuh konsultasi ke psikolog. 

1. Adanya perasaan yang gak mengenakan dalam waktu yang lama 

Misalnya perasaan sedih yang gak hilang-hilang, galau gak udah-udah, move on susah banget karena ada masalah yang menyakitkan. Atau bisa juga jadi sensitif, gampang marah, tersinggung, baperan padahal tadinya gak begitu. Kondisi seperti ini tidak patut untuk dibiarkan saja karena dikhawatirkan malah menjadi besar, maka dari itu penting untuk mengkonsultasikannya ke psikolog. 

2. Hubungan terganggu 

Masalah juga dapat membuat hubungan sama orang lain malah mulai terganggu dan justru muncul lebih banyak masalah. Misalnya jadi sering berantem, sering marah-marahan, masalah sepele malah dibikin jadi gede, dan lain sebagainya. Kondisi ini memang harus dikonsultasikan jika memang tidak memiliki kemampuan sendiri untuk menyelesaikannya, karena hubungan pada orang lain itu kadang bersifat sensitif dan memang patut untuk dijaga agar tetap bisa harmonis. 

3. Muncul keputusasaan

Mungkin saja lagi ada masalah yang banyak atau cukup berat yang akhirnya dapat muncul perasaan capek, putus asa, pengen menyerah aja sama hidup. Harus kamu ingat bahwa setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya, bahkan sebesar apapun itu. Asalkan jangan mudah berputus asa, dan yang lebih penting untuk segera konsultasikan ke psikolog jika masalah berat tidak mampu diselesaikan secara mandiri. 

4. Aktivitas terganggu 

Ngerasain kesusahan buat beraktivitas karena semangat yang hilang, motivasi gak ada, mageran terus bawaannya, susah konsentrasi, gampang kedistrak, dan masalah-masalah yang lain. Aktivitas yang terganggu bisa saja hanya merugikan diri sendiri dan tentu akan mengalami penyesalan jika tidak segera diatasi. 

Nah, itulah empat tanda kalau kamu sebenarnya butuh konsultasi ke psikolog segera. Jangan sampai kamu terlalu lama mendiamkannya, bisa saja memperlambat kamu menjadi orang sukses, bahkan dapat menjadi penghalang kamu meraih kesuksesan seperti yang kamu inginkan. Lebih baik sediakan payung sebelum hujan, dalam artian lebih lebih konsultasikan ke psikolog lebih awal sebelum menjadi penyakit dalam kehidupan kamu. 

Disadur dari Suara.com 

Konsultasi Psikolog Tanda


Loading...