Joe Biden Langsung Gelar Rapat Darurat Bersama NATO Saat Dengar Polandia Diserang Rudal

Joe Biden Langsung Gelar Rapat Darurat Bersama NATO Saat Dengar Polandia Diserang Rudal
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Rabu, 16 November 2022 09:59 WIB

Terasjabar.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Rabu, 16 November 2022, menggelar pertemuan darurat dengan sekutu blok militer Barat, NATO.

Baca: Lavrov Pulang Lebih Awal dari KTT G20 Bali, Terpojok Barat?

Rudal yang diduga milik Rusia dilaporkan jatuh di perbatasan Polandia, salah satu anggota NATO, pada Selasa malam, 15 November 2022.  Serangan itu menewaskan dua orang, yang ada di sebuah desa dekat perbatasan Ukraina.

Menurut Gedung Putih, Biden yang menghadiri KTT G20 Bali mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, Kanada, Spanyol, Jepang, dan Belanda. Para pemimpin Uni Eropa juga hadir.

Saat ditanya oleh wartawan rombongan Gedung Putih mengenai serangan Polandia, Biden menolak berkomentar. Keterangan video pertemuan itu tertulis "Emergency Roundtable with World Leaders" namun kemudian diganti menjadi "President Biden Discusses a Meeting with World Leaders".

Kementerian Pertahanan Rusia membantah telah menembakkan rudal di dekat perbatasan Ukraina-Polandia. Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu dan secara berkala menargetkan kota-kota Ukraina dengan serangan rudal.

Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya sebagian besar mengatakan mereka masih mengumpulkan informasi tentang insiden tersebut sebelum memutuskan bagaimana menanggapinya. Rudal mendarat di Polandia di tengah perundingan sengit di KTT G20.

Seperti telah diperkirakan para analis, isu Ukraina mendominasi KTT G20. Biden mengatakan pihaknya dan sekutu menyoroti dampak invasi Rusia ke Ukraina di KTT G20, di antara sejumlah isu penting lainnya. Selain Amerika Serikat, sekutunya Inggris, Kanada, Uni Eropa juga mengecam agresi Rusia. 

Di tengah desakan Barat untuk mengisolasi Rusia, Presiden Vladimir Putin mengirimkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov ke KTT G20. Indonesia sebagai tuan rumah tidak bisa mengeluarkan Rusia dari forum karena Rusia anggota G20. 

Perbedaan pendapat soal kecaman terhadap Rusia diperkirakan bakal sulit mencapai kesepakatan bersama di KTT G20. Diskusi masih berlansung di tingkat Sherpa.

Dalam pidato pembukaannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam, yang sangat lebar. Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika semua pihak dapat menyisihkan perbedaan.

KTT G20 Bali Joe Biden Polandia NATO Rapat Rudal


Loading...