Berikut Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
Ilustrasi (IDN Times : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 15 November 2022 15:31 WIB

Terasjabar.id -- Daun kelor, adalah salah satu jenis tanaman tropis, yang sering digunakan sebagai obat tradisional atau obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya untuk membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Daun kelor, merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh pada jenis tanah yang tidak terlalu subur. Tanaman ini, sangat mudah dikenali karena memiliki cirihas daun yang kecil-kecil.

Selain bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Daun kelor juga sangat bermanfaat untuk kesehatan lainnya, seperti mampu memerangi diabetes, infeksi, nyeri sendi, bahkan penyakit berat seperti kanker. Hal ini karena daun kelor mengandung banyak kalori dan nutrisi. Seperti, karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan asam folat. Dan masih banyak lagi kandungan baik yang dimiliki daun kelor yang sangat baik bagi kesehatan.

Disadur dari Halodoc, berikut 5 manfaat daun kelor bagi kesehatan.

1. Membantu menghambat tumbuhnya sel kanker

Manfaat pertama dari daun kelor adalah dapat membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh, termasuk payudara dan pankreas. Hal ini karena daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh akibat radikal bebas.

2. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dan antioksidan pada daun kelor, akan sangat baik dalam membantu menjaga dan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Ketika tekanan darah tetap stabil, maka hipertensi akan bisa dicegah.

3. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kandungan antioksidan yang ada pada daun kelor akan sangat bagus dalam menjaga fungsi dan kesehatan otak. Selain itu daun kelor juga sangat bagus untuk menunjang tingkatan memori dan kerja otak kita.

4. Menurunkan kadar gula darah

Selain dapat memelihara fungsi dan kesehatan otak, daun kelor juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan bisa meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin. Tentu hal ini sangat baik dalam mencegah terjadinya diabetes dan resistensi insulin.

5. Membantu menangkal radikal bebas

Manfaat selanjutnya dari daun kelor adalah bisa membantu dalam menangkal radikal bebas. Hal ini karena, kandungan antioksidan yang dimiliki daun kelor, memang memiliki fungsi utama sebagai penangkal radikal bebas pada tubuh kita.

Disadur dari Suara.com 

Daun KElor Manfaat. Obat Tradisional Kesehatan


Loading...