Gempa M5,2 Mengguncang Maluku Barat Daya

Gempa M5,2 Mengguncang Maluku Barat Daya
Ilustrasi (gatra.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 15 November 2022 15:28 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,2 mengguncang Maluku Barat daya, Selasa (15/11/2022). Gempa yang terjadi pukul 14.03.19 WIB akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 129,09° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 250 Km arah Timur Laut Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 251 km. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda,” kata Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Selasa (15/11/2022).

Daryono menambahkan, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). 

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Amahai, Maluku Tengah dengan skala intensitas III - IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

Kemudian, di daerah Damer, Maluku Barat Daya dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ). Dan di daerah Pulau-Pulau Babar, Maluku Barat Daya dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Daryono memastikan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga pukul 14.17 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Daryono meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Disadur dari Okezone.com 

BMKG Maluku Barat Daya Gempa Bumi


Loading...