Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Bermain Game Online

Berikut Beberapa  Hal yang Harus Diperhatikan saat Bermain Game Online
Ilustrasi (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 15 November 2022 13:21 WIB

Terasjabar.id -- Game online sudah menjadi pilihan sebagian besar orang di zaman sekarang, penikmatnya pun bukan dari kalangan remaja saja, tapi dari anak-anak sampai orang tua. Kemajuan teknologi membuat game online tidak hanya bisa diakses melalui komputer, tapi sekarang sudah mudah diakses lewat smartphone. Bermacam-macam jenis permainan pun disuguhkan, dari mulai petualangan sampai strategi. 

Kecanduan game online memang sulit untuk dihilangkan, apalagi jika kita sudah memainkannya dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sebenarnya tidak jadi masalah, karena memainkan game online bukanlah tindakan yang negatif. Namun, ada juga beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat bermain game online guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Nah, berikut 3 hal yang harus diperhatikan saat bermain game online:


1. Waktu

Selalu ingat waktu pada saat kita bermain game online, bermainlah secukupnya agar kita tak melalaikan kepentingan lain yang seharusnya kita kerjakan, seperti bekerja atau sekolah misalnya. Biasanya pada game yang kita mainkan juga akan muncul peringatan bahwa kita sudah memainkan game tersebut cukup lama dan menyarankan kita untuk beristirahat. Bukan hanya kegiatan lain yang bisa dikorbankan saat kita mengabaikan waktu dalam bermain game online, tapi kesehatan kita juga bisa dikorbankan.

2. Ucapan dan Tulisan

Di dalam game online kita akan berinteraksi dengan banyak orang, biasakanlah mengatakan sesuatu atau mengetik pesan yang santun, bukan perkataan kotor dan kasar yang bisa memicu pertikaian. Tak sedikit kasus tindak kriminal yang terjadi karena kurangnya etika berkomunikasi di dalam game online. Lagi pula, dengan menjaga ucapan dan tulisan, kita bisa dengan mudah mendapatkan teman-teman yang baik di dalam game.

3. Jenis Game

Perhatikan juga jenis game yang kita mainkan, biasanya ada game online yang memerlukan banyak uang agar lebih mudah untuk memenangkan pertempuran, ada juga yang membutuhkan skill saja. Pilihlah sesuai perekonomian kita, jika kita memiliki penghasilan lebih, mungkin kita merasa tidak masalah memilih game yang memerlukan banyak uang untuk memenangkan permainan. Namun, jika perekonomian kita terbatas, pilihlah game yang hanya memerlukan skill saja untuk memenangkan permainan.

Itulah 3 hal yang harus diperhatikan saat bermain game online. Pastikan hobi kita yang satu ini tidak memberi pengaruh buruk untuk kita sendiri, syukur-syukur kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Sebab, banyak juga pecandu game online yang memanfaatkan waktu bermainnya menjadi bisnis menguntungkan. Seperti menjual barang-barang penting yang dibutuhkan di dalam game tersebut misalnya.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Game Online Smartphone Komputer Anak - Anak


Loading...