Fitur Komunitas WhatsApp Sudah Ada di Indonesia, Fungsinya Untuk Apa?

Fitur Komunitas WhatsApp Sudah Ada di Indonesia, Fungsinya Untuk Apa?
Ilustrasi (Kompas Tekno : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Kamis, 10 November 2022 14:50 WIB

Terasjabar.id - Pekan lalu fitur Komunitas WhatsApp sudah diperkenalkan di dunia, termasuk di Indonesia. Hari ini (10/11/2022), fitur baru WhatsApp itu sudah tersedia di Indonesia.

Jika kamu membuka WhatsApp, pada sudut kiri atas tepat di samping Chat, akan ditemukan ikon baru mirip tiga sosok manusia. Itulah fitur Komunitas WhatsApp.

Saat diklik, fitur baru WhatsApp itu akan menampilkan tulisan "Memperkenalkan Komunitas" dan bagian bawah dijelaskan fungsi fitur tersebut.

"Mengatur grup-grup terkait dengan mudah dan untuk mengirim pengumuman. Kini komunitas kamu seperti lingkungan atau sekolah bisa punya ruang sendiri," terang WhatsApp di fitur tersebut.


Fungsi Komunitas WhatsApp

Seperti diwartakan sebelumnya, fitur Komunitas bisa digunakan sebagai induk atau payung dari grup-grup WhatsApp yang saling berhubungan.

Misalnya, grup-grup divisi di kantor bisa disatukan di dalam Komunitas Kantor yang lebih besar. Di dalamnya para anggota bisa saling berkoordinasi lintas divisi. Komunitas WhatsApp ini bisa menampung hingga 5000 orang di dalamnya.

Meski demikian anggota grup hanya memiliki akses di dalam grup. Mereka tidak akan dapat melihat pesan atau detail kontak pengguna lain di grup lain di dalam Komunitas.

Admin

Karenanya Admin dalam Komunitas sangat penting sebagai moderator di dalam Komunitas WhatsApp. Ada dua jenis admin di Komunita WhatsApp.

Pertama, Admin utama. Ia yang berwenang mengangkat anggota lain sebagai admin tambahan. Ia juga berwenang untuk mencopot admin lainnya. Ia juga berhak mengubah nama dan foto profil Komunitas Whatsapp.

Admin utama ini juga punya akses untuk menambahkan dan menyingkirkan grup-grup di dalam Komunitas WhatsApp. Selain itu, admin juga bisa menendang anggota yang tak diinginkan dari dalam komunitas dan menghapus komunitas itu sendiri.

Fungsi krusial terakhir adalah Pengumuman atau Announcement. Hanya admin yang bisa menyampaikan pengumuman kepada ribuan anggota dari berbagai grup di Komunitas.

Tetapi anggota bisa mematikan notifikasi Pengumuman jika tak berkenan, tanpa harus keluar dari Komunitas.

Disadur dari Suara.com 

Fitur WhatsApp Komunitas WhatsApp Fungsi


Loading...