LINK Live Streaming Gerhana Bulan Total 8 November 2022

LINK Live Streaming Gerhana Bulan Total 8 November 2022
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 8 November 2022 15:51 WIB

Terasjabar.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, gerhana bulan total 8 November 2022 aman disaksikan dengan mata telanjang.

Seluruh wilayah Indonesia, kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat mengamati puncak gerhana bulan total  hari ini pada pukul 18.00 WIB.

"Masyarakat dapat menyaksikan dengan mata kepala, tanpa alat khusus, tidak seperti gerhana matahari yang menggunakan filter," kata Peneliti Pusat Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andin Pangerang, dilansir dari ANTARA, Selasa (8/11/2022).

Fenomena gerhana bulan total itu berlangsung dengan durasi total  1 jam 24 menit 58 detik, dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Andin menuturkan gerhana bulan total berbeda dengan gerhana matahari total karena bulan hanya masuk ke dalam bayangan inti (umbra) bumi.

Sementara cahaya bulan adalah pantulan dari cahaya matahari yang mengenai permukaan bumi. Sehingga, intensitas cahayanya jauh lebih kecil dibandingkan intensitas cahaya matahari.

Oleh karena itu, ia mengatakan gerhana bulan total aman dilihat langsung tanpa bantuan alat khusus.

Jika ingin mengabadikan astromonis itu, masyarakat dapat menggunakan kamera ponsel, kamera DSLR atau dapat memakai teleskop yang terhubung dengan kamera CCD dan laptop/PC.

Adapun gerhana bulan total 8 November 2022 secara fisik sama seperti gerhana bulan total pada 16 Mei 2022 lalu.

Bahkan, durasi totalnya hampir sama santara kedua gerhana tersebut, meski durasi parsialnya lebih lama.

Tata untuk dapat menyaksikan gerhana bulan total hari ini, secara live streaming (https://gerhana.bmkg.go.id/livestream) pindahkan tautan tersebut ke laman Google.

Sumber: ANTARA

Disadur dari Suara.com 

BRIN GErhana Bulan Total Indonesia Live Streaming BMKG


Loading...