Alex Rins Berikan Kado Perpisahan yang Manis Bagi Suzuki, SAYONARA SUZUKI !

Alex Rins Berikan Kado Perpisahan yang Manis Bagi Suzuki, SAYONARA SUZUKI !
MotoGP
Editor: Malda Sport Style —Senin, 7 November 2022 09:59 WIB

Terasjabar.id - Perjalanan MotoGP 2022 resmi rampung pada Minggu (7/11/2022). Balapan GP Valencia yang digelar di Circuit Ricardo Tormo memberikan banyak nuansa bagi semua orang yang terlibat. Salah satunya Alex Rins.

Pembalap berkebangsaan Spanyol itu sukses memberikan kado manis untuk Suzuki yang meninggalkan kejuaraan usai musim 2022. Alex Rins finis sebagai pemenang GP Valencia setelah berjibaku selama 27 lap di atas lintasan.

1. Alex Rins tampil agresif sejak awal balapan, melenggang sebagai pemenang GP Valencia


Memulai balapan dari posisi kelima, Alex Rins tampil agresif sejak awal balapan. Selepas lampu start padam, pembalap bernomor motor 42 itu langsung merebut posisi pimpinan balapan dari Jorge Martin yang berstatus sebagai polesitter.

Alex Rins terus memimpin balapan meski mendapat tekanan dari Jorge Martin dan Brad Binder, terutama dalam beberapa lap terakhir jelang balapan usai. Hingga bendera chequered dikibarkan, posisi Alex Rins benar-benar tak tergoyahkan. Ia finis di posisi pertama dengan jarak waktu 0,396 detik dari Brad Binder.

2. Alex Rins sudah koleksi lima kemenangan sepanjang memperkuat Suzuki


Finis pertama di GP Valencia menjadi kemenangan kedua Alex Rins sepanjang musim 2022. Sebelumnya, pembalap berusia 26 tahun itu sukses melintasi garis finis sebagai pemenang GP Australia yang digelar di Phillip Island pada 16 Oktober lalu.

Jika ditotal, Alex Rins sudah mengumpulkan lima kemenangan sepanjang berkiprah di kelas utama MotoGP. Semua capaian itu diraihnya selama bersama Suzuki. Adapun rincian kemenangan yang didapat Alex Rins bersama Suzuki adalah sebagai berikut:

  • GP Amerika 2019;
  • GP Inggris 2019;
  • GP Aragon 2020;
  • GP Australia 2022;
  • GP Valencia 2022.

3. Alex Rins sudah habiskan 6 musim bersama Suzuki sejak 2017


Keberhasilan finis terdepan di GP Valencia menjadi momen manis sekaligus emosional bagi Alex Rins dan Suzuki. Betapa tidak, kedua sudah menjalin kerja sama sejak musim 2017, tepatnya saat Alex Rins memulai debutnya di kelas MotoGP.

Menghabiskan waktu selama 6 musim bukanlah waktu yang singkat. Ada banyak momen jatuh bangun yang tentu dirasakan oleh keduanya demi mencapai hasil maksimal.

Tentu, kesuksesan Alex Rins mempersembahkan hasil gemilang di Valencia menjadi kado manis untuk Suzuki sebelum pergi dari MotoGP. Sebab, setelah musim 2022 tuntas Alex Rins akan bergabung bersama LCR Honda.

4. Alex Rins mengaku sempat menangis beberapa saat sebelum balapan dimulai

Selepas balapan, Alex Rins mengaku sempat menangis beberapa saat sebelum balapan. Ia merasa sedih karena harus berpisah dengan Suzuki setelah cerita panjang yang dirajut bersama.

Walau begitu, Alex Rins bisa langsung menguasai diri dan fokus pada balapan pemungkas musim ini. Hasilnya, Alex Rins tersenyum lebar karena bisa memberikan persembahan terakhir yang indah untuk Suzuki.

"Benar-benar gila. Sepanjang akhir pekan aku mencoba tetap tenang dan tidak menunjukkan emosi apa pun. Namun, saat berada di starting grid, aku menangis ketika mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh kru tim.

Aku menangis dengan gila sebab aku menghabiskan 6 musim yang luar biasa. Aku bilang kepada diriku, 'Berhenti menangis, Alex. Anda punya satu balapan tersisa.' Kemudian, aku menjadi fokus kembali dan akhirnya menjadi sebuah balapan yang menakjubkan," ujar Rins dilansir Speedweek.

5. Tak hanya Alex Rins, Joan Mir turut sumbang poin pada balapan terakhir Suzuki


Tak hanya Alex Rins yang mendulang kesuksesan, Joan Mir juga turut sumbang poin pada seri pemungkas musim 2022 di Valencia. Juara dunia MotoGP 2020 itu finis di posisi keenam dan berhak membawa pulang sepuluh poin.

Tambahan 35 poin membuat Suzuki Ecstar menyalip perolehan poin Gresini Racing di klasemen tim. Mereka menutup musim dengan bertengger di posisi keenam lewat koleksi 260 poin, unggul 17 poin dari Gresini Racing.

Suzuki memang gagal meraih gelar pada musim 2022. Akan tetapi, keberhasilan Alex Rins finis terdepan di Valencia setidaknya menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

Tak lupa, prestasi Joan Mir saat menjadi juara dunia 2020 adalah bukti bahwa Suzuki juga punya taji di kelas utama MotoGP. Namun, apa mau dikata, tirai pertunjukkan Suzuki resmi tutup usai balapan GP Valencia 2022.

Sayonara, Suzuki! Sampai berjumpa pada masa mendatang jika memang benar-benar kembali.

(Sumber: IdnTimes.com)

Alex Rins MotoGP 2023 LCR Honda Suzuki MotoGP Perpisahan Suzuki Valencia


Loading...