Berikut Beberapa Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 31 Oktober 2022 14:44 WIB

Terasjabar.id -- Buah kecapi atau buah santol termasuk dalam jenis buah populer di Indonesia yang dijuluki sebagai manggis liar dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan

Kecapi sendiri merupakan buah eksotis yang tumbuh baik di Asia Tenggara dan juga di wilayah Amerika Selatan. Mempunyai bentuk bulat seperti apel dengan daging di dalamnya berwarna putih mirip manggis. 

Pada umumnya ada dua buah jenis kecapi yakni merah dan kuning, namun buah yang bisa dikonsumsi berwarna merah dengan cita rasa asam manis. Dirangkum dari Hellosehat, berikut tiga manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh

1. Dapat menurunkan kolesterol jahat

Dalam buah kecapi terdapat kandungan serat yang disebut dengan pektin. Kemudian, pektin adalah serat larut air yang dapat ditemukan pada sayur dan juga buah-buahan. Selain itu, di dalam usus kita serat pektin ini berikatan dengan low-density lipoprotein (LDL) dan mencegahnya terbawa oleh darah.

LDL sendiri merupakan kolesterol ‘jahat’ yang dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Apabila dibiarkan, LDL lama-lama bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Dengan adanya ikatan antara pektin dan LDL dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

2. Baik untuk penderita diabetes

Buah kecapi atau santol ini juga bisa menjadi pilihan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Hal ini karena buah kecapi atau yang mempunyai nama latin Sandoricum koetjape ini memiliki indeks glikemik rendah. Perlu diketahui bahwa makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

Selain itu, penelitian terhadap hewan juga menunjukkan bahwa pektin ini bisa menurunkan gula darah dan meningkatkan fungsi hormon yang mengontrol gula darah. Akan tetapi, fungsi buah  kecapi yang satu ini masih perlu diuji coba dan diteliti lebih lanjut untuk manusia.

3. Dapat mengatasi gangguan pencernaan

Bagi penderita gangguan pencernaan bisa mengonsumsi buah kecapi. Adanya serat dalam buah ini bisa berubah menjadi gel dan bertemu dengan air di dalam saluran pencernaan. 

Hal ini bisa membuat feses lebih mudah dikeluarkan dan serat larut air dalam buah ini juga adalah prebiotik yang bisa menambah jumlah bakteri baik. 

Kemudian dalam sebuah  penelitian terbitan jurnal Nutrients, adanya bakteri baik di dalam usus dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan juga peradangan secara alami.

Demikianlah tiga manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Suara.com 

Buah Kecapi Buah Khasiat Kesehatan


Loading...