Porsenitas Ke IX Perbatasan Jabar Jateng Digelar Di Pangandaran 2 - 5 Nopember

Porsenitas Ke IX Perbatasan Jabar Jateng Digelar Di Pangandaran 2 - 5 Nopember
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 29 Oktober 2022 10:41 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Pekan Olahraga dan Seni Wilayah Perbatasan Jabar-Jateng (Porsenitas) ke-IX, yang diikuti 9 kabupaten/kota akan digelar di Pangandaran, pada tanggal 2 - 5 November 2022 mendatang. Agenda Porsenitas ini sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Porsenitas akan diwarnai karnaval seni budaya, pameran dekranasda serta mempertandingkan 7 cabang olahraga dan 2 cabor tradisional.

Dalam rangka persiapan menghadapi Porsenitas tersebut, Sekda Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar,M.Si, selaku penanggungjawab kegiatan minta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya manajer untuk menangani serta memfasilitasi kepentingan para atlet yang akan bertanding maupun perlombaan pada kegiatan Porsenitas. Sedangkan para camat hadir mengikuti defile,” kata Sekda H. Dian pada rapat Porsenitas, Jum’at (28/10/2022).

Seluruh aparat ASN harus turut mensukseskan kegiatan Porsenitas ini, terlebih Bupati Kuningan H. Acep Purnama dikukuhkan sebagai Ketua Kuncibersama. Maka kegiatan tersebut harus sukses, pintanya.

Gambar

Peserta event Porsenitas terang Dian, sebanyak 9 kabupaten/kota yang tergabung dalam Kunci Bersama. Kabupaten Kuningan, Kabupaten/Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cilacap dan Brebes Provinsi Jawa Tengah.

“Porsenitas ini merupakan bagian dari kegiatan Kuningan Summit (program kerja sama pembangunan wilayah perbatasan) Jabar dan Jateng yang digagas pada 2011. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama anggota Kunci Bersama, dalam rangka menjalin kemitraan dengan berbagai program pembangunan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kontingen Asep Ismanto, S.Pd menyebutkan, cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari 7 cabor olahraga dan 2 cabor tradisional. Yakni bulutangkis, catur, tenis lapangan, tenis meja, balap sepeda, dayung tradisional, bola voli pantai, hadang (daluan) dan tarumpah (bakiak) panjang. Kegiatan ini dimeriahkan juga pameran Dekranasda dan gelaran seni saat karnaval pembukaan.

Sedangkan peserta Porsenitas, terdiri dari PNS, CPNS dan PPK pada seluruh OPD/badan/unit kerja di lingkungan pemerintah kabupaten/kota yang tergabung dalam Badan Kerja Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama di wilayah perbatasan Provinsi Jabar dan Jateng. “Bagi para atlet peraih juara 1, 2 dan 3 akan mendapat medali dan maskot,” jelas Asep.

(H Aboy)

Pekan Olahraga Jabar Jateng Pangandaran Kuningan Porsenitas Budaya


Loading...