Tema ''Bersatu Bangun Bangsa'' Pemkab Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Tema ''Bersatu Bangun Bangsa'' Pemkab Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 29 Oktober 2022 10:39 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” berlangsung di lapangan Setda Jl.Siliwangi 88 Kuningan dengan inspektur upacara Bupati Kuningan H Acep Purnama, Jumat (28/10/2022). Upacara dihadiri Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Staf Ahli Bupati, Asisten Daerah, Kepala Bagian Setda Ormas Pemuda dan anggota Pramuka.

Menteri Pemuda Olahraga RI Zainudin Amali dalam pidato tertulis yang dibacakan Bupati Acep mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda ke 94 mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini diambil agar sejarah masa lalu dapat direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa, bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Gambar

Melalui momentum Hari Sumpah Pemuda ini, diharapkan kita dapat lebih memberdayakan dan mengembangkan pemuda menjadi lebih kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri serta berkarakter mulia, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Di Hari Sumpah Pemuda juga memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan, karena sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

(H Aboy)

Sumpah Pemuda Kuingan H Acep Purnama Ormas Pemuda dan Anggota Pramuka


Loading...