1000 Sertipikat PSTL Diserahkan Di Desa Gandasoli

1000 Sertipikat PSTL Diserahkan Di Desa Gandasoli
Editor: Malda Teras Kuningan —Jumat, 28 Oktober 2022 09:28 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Sebanyak 1.000 Sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diserahkan secara simbolis kepada warga Desa Gandasoli Kecamatan Kramatmulya ole Bupati Kuningan H Acep Purnama didampingi Kepala kantor ATR/BPN Surahman, di Aula Kantor Desa Gandasoli, Rabu (26/10/2022). Bupati Acep menyerahkan 200 PTSL secara simbolis kepada masyarakat Desa Gandasoli.
Sedangkan 800 PTSL lainnya terjadwal menyusul. Bupati Acep Purnama dalam kata sambutannya mendukung penuh program PTSL ini. Ia berharap nantinya akan lebih banyak desa yang mendapat sertipikat hak tanah seperti ini sebagai kepastian hukum bagi pemiliknya

“Butuh gotong royong yang luar biasa. Mudah-mudahan kedepan model ini juga terjadi di berbagai desa. Dengan gampang koordinasinya, cepat tanggap dan interaktif itulah yang penting dari masyarakat”, ungkap Bupati.

Gambar

Acep menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu program PTSL ini, terkhusus kepada jajaran Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kuningan yang telah banyak membantu masyarakat dalam kepengurusan program sertifikat PTSL ini.
Dengan adanya sertipikat ini masyarakat sudah secara sah atas kepemilikannya dan diakui secara defacto dan dejure oleh pemerintah,” terang Acep.

Acep berharap kepada BPN untuk dapat membantu masyarakat, jika ada kekurangan dalam kepengurusan, khususnya untuk mendapatkan hak mereka ini.

“Perjuangan untuk mendapatkan sertipikat ini tentunya sudah lama dinanti. Mudah-mudahan masyarakat yang lain segera menyusul dan kedepan tidak ada lagi tanah yang tidak diakui secara hukum”, harap Acep.

Sementara itu, Kades Gandasoli Darlan menjelaskan, dari total 1.000 sertipikat yang diserahkan kepada warga 200 Sertipikat PTSL dan sisanya 800 PTSL akan diberikan hari Senin pekan depan.

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kuningan Surahman mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan memiliki komitmen untuk melayani masyarakat terkait sertifikasi tanah.

Gambar

Terpisah, kepala kantor ATR/BPN Surahman mengungkapkan, kegembiraannya bahwa program PTSL ini didukung oleh Pemkab. Ia juga mengingatkan apabila ada yang keliru dalam penulisan sertifikat agar segera dilaporkan petugas untuk nantinya diperbaiki oleh Kantor BPN.

“Di Cermati dengan seksama. Pengalaman kami di lapangan, banyak terjadi penulisan nama, Jadi koreksi juga sangat penting,” ingatnya.

Surahman mengharapkan, dengan terbentuknya data pertanahan yang lengkap dan akurat, ke depan permasalahan tanah akan semakin berkurang, perencanaan pembangunan akan semakin mudah.

Basri salah seorang penerima sertipikat tanah program PTSL menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak pemerintah. Sekarang kami telah memiliki sertipikat secara gratis.

“Alhamdulillah, kami merasa lega setelah adanya sertipikat, ini mempermudah kami warga Desa Gandasoli.

(H. Aboy)

PSTL Desa Gandasoli BPN Sertifikat Tanah Kuningan Bupati


Loading...