Hadapi Cuaca Ekstrim, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Apel Untuk Antisipasi Bencana

Hadapi Cuaca Ekstrim, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Apel Untuk Antisipasi Bencana
Editor: Malda Hot News —Rabu, 26 Oktober 2022 12:17 WIB

Terasjabar.id - Purwakarta | Menghadapi musim hujan maka perlu adanya antisipasi terkait dengan kejadian-kejadian bencana alam di wilayah kabupaten Purwakarta. Maka dengan itu, jajaran Kodim 0619/Purwakarta mengelar apel kesiapsiagaan satuan dalam rangka menghadapi bantuan penanganan bencana alam, bertempat di lapangan Makodim 0619/Purwakarta, Jl. K.K Singawinata No 111 Kelurahan Nagri Kidul Kab. Purwakarta.

Dalam apel itu, terlihat beberapa unsur dari Polres Purwakarta, BPBD Purwakarta, Satpol PP, PMI, Dishub, personil Damkar Kabupaten Purwakarta serta unsur lainnya mengikuti apel, Rabu 26 Oktober 2022.

"Akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Purwakarta cuaca terbilang ekstrim yaitu pada pagi hari menuju siang hari terasa panas dan siang menuju malam terjadi hujan deras," kata Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat briefing Penanggulangan bencana.

Menurutnya, hal ini dapat memicu terjadinya bencana seperti banjir, longsor dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana lainnya seperti angin puting beliung dan pohon tumbang.

Gambar

"Meskipun bencana tersebut tidak kita harapkan, namun kita harus terus dan tetap siap siaga serta selalu waspada apabila sewaktu-waktu bencana terjadi," jelas dia.

Untuk itu, kata Andi, Kodim 0619/Purwakarta mengharapkan partisipasi seluruh pihak untuk turut berperan serta menghadapi kemungkinan terjadinya potensi ancaman bencana tersebut.

Dandim 0619 dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, POLRI, SAR maupun instansi terkait semata. Namun kita semua harus menyadari, bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Purwakarta, termasuk kalangan dunia usaha, akademisi, juga media.

"Kita tidak boleh lengah dengan kondisi saat ini, sekalipun berada pada kondisi aman, namun kita tetap perlu mengantisipasi. Melalui penyusunan rencana Kabupaten Purwakarta," tegas Dandim.

Melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik (good disaster management plan), sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana.Ucap Dandim

A H/red

Purwakarta Cuaca Ekstrim Apel Viral Kelurahan Nagri Kidul Kodim Penanganan Bencana Alam Damkar


Loading...