Bersama FIFA, AFC, dan Pemerintah, PSSI Bentuk Satgas Transformasi Sepakbola Indonesia

Bersama FIFA, AFC, dan Pemerintah, PSSI Bentuk Satgas Transformasi Sepakbola Indonesia
(Sportstars.id : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 13 Oktober 2022 14:26 WIB

Terasjabar.id  PSSI bersama FIFA, AFC, dan sejumlah kementerian membentuk satuan tugas (Satgas) Transformasi Sepakbola Indonesia. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun memberi sinyal bahwa liga di Indonesia akan kembali digelar dalam waktu dua pekan ke depan.

Seperti diketahui, Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 2022-2023 masih diistirahatkan usai terjadinya insiden berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu 1 Oktober 2022. Tragedi Kanjuruhan itu terjadi setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, yang berakhir dengan skor 2-3.

Ketua Umum PSSI menggelar rapat bersama perwakilan FIFA dan AFC. Foto: PSSI

Tercatat, 131 orang meninggal dunia akibat insiden tersebut. Akibatnya, kompetisi pun ikut dihentikan untuk mengungkap penyebab tragedi berdarah tersebut. Belum lama ini, perwakilan FIFA dan AFC pun tiba di Indonesia.

Oleh sebab itu, Iwan Bule pun menyebut pembentukan Satgas ini merupakan bentuk tanggung jawab PSSI. Dengan demikian, sepakbola di Indonesia diharapkan lebih baik.

“Hasil rapat bersama, task force satgas antara pemerintah, FIFA, AFC, dan PSSI. Pertama-sama, saya atas nama federasi mohon maaf atas apa yang terjadi dengan tragedi, PSSI bertanggung jawab sepenuhnya,” kata Iwan Bule ketika konferensi pers, Kamis (13/10/2022).

“Sebagai salah satu bentuknya adalah hari ini sebagai jawaban bahwa kita sepakat membentuk task force atau Satgas Transformasi Sepakbola yang berisi pemerintah, FIFA, AFC, Polri, Kemenpora, Kemendagri, PUPR, Kemenkes,” ujarnya.

Ketua Umum PSSI menggelar rapat bersama perwakilan FIFA dan AFC. Foto: PSSI

Iwan Bule juga menjelaskan pekerjaan yang akan dilaksanakan seluruh unsur yang terlibat dalam Satgas Transformasi Sepakbola Indonesia ini. Mereka akan melakukan sinkronisasi pengamanan sesuai regulasi FIFA dan Kementerian PUPR melakukan pengecekan kelayakan stadion.


Satgas ini akan bekerja secara cepat untuk menentukan sejumlah hal krusial yang harus diperbaiki sebelum dilanjutkannya kompetisi sepakbola Indonesia. Salah satunya hal krusialnya adalah penetapan sistem pengamanan di Liga Indonesia.

Disadur dari Okezone.com 

PSSI AFC FIFA Satgas Tranformasi Menteri


Loading...