TERASJABAR.ID – Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 2025 menjadi langkah penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional melalui pembelajaran berbasis modul.
Salah satu tahapan evaluasi dalam PPG adalah Post Tes Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA) Umum, yang terdiri dari tiga bagian: PPA Umum 1, 2, dan 3. T
es ini dirancang untuk mengukur pemahaman guru terhadap pembelajaran mendalam, asesmen berdiferensiasi, dan pendekatan pengajaran inklusif serta kontekstual.
Berikut adalah contoh soal dan kunci jawaban Post Tes PPA Umum 1-3 PPG 2025 sebagai referensi belajar untuk membantu peserta meraih nilai terbaik.
Pentingnya Post Tes PPA Umum
Post Tes PPA Umum dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) setelah peserta menyelesaikan modul pembelajaran. Modul PPA Umum mencakup topik berikut:
- PPA Umum 1: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen
- PPA Umum 2: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL)
- PPA Umum 3: Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Pengelolaan Kelas Inklusif
Setiap modul berisi lima soal pilihan ganda dengan bobot nilai berbeda, dan peserta harus menjawab dengan cermat karena hasilnya menentukan kelulusan modul dan kemajuan ke tahap berikutnya. Berikut adalah contoh soal dan kunci jawaban untuk masing-masing bagian.
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Post Tes PPA Umum 1-3 PPG 2025
PPA Umum 1: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen
Soal 1: Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang ingin meningkatkan literasi menulis peserta didik yang sangat beragam. Apa tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi heterogenitas kemampuan menulis?
A. Menggunakan metode pengajaran standar.
B. Fokus hanya pada siswa yang sudah mahir.
C. Membuat panduan dan tugas sesuai kemampuan siswa.
D. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal.
E. Menugaskan topik berdasarkan minggu berjalan.
Jawaban: C. Membuat panduan dan tugas sesuai kemampuan siswa.
Penjelasan: Pembelajaran berdiferensiasi menyesuaikan tugas dengan tingkat keterampilan siswa untuk memastikan semua peserta didik berkembang sesuai kemampuan mereka.